Pengaruh Trust In A Brand Terhadap Brand Loyalty Pada Pelanggan Televisi Merek Sharp Di Toko Satelit, Surakarta.

ARYO WICAKSONO TRIPUTRANTO, DENNY (2011) Pengaruh Trust In A Brand Terhadap Brand Loyalty Pada Pelanggan Televisi Merek Sharp Di Toko Satelit, Surakarta. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAKSI 2.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI 2.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Dalam menghadapi persaingan teknologi yang semakin ketat, setiap perusahaan harus
mampu mempertahankan hidup, bahkan harus dapat terus berkembang. Salah satu hal yang
perlu dilakukan dan diperhatikan oleh setiap perusahaan adalah mempertahankan konsumen
yang sudah ada, terus menggarap pelanggan-pelanggan potensial baru agar jangan sampai
pelanggan meninggalkan perusahaan menjadi pelanggan perusahaan lain. Dengan kata lain
perusahaan harus mampu mempertahankan loyalitas pelanggan.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh variabel
karakteristik merek (brand characteristic), karakteristik perusahaan (company
characteristic), dan karakteristik konsumen-merek (consumer-brand characteristic) secara
bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek (brand loyalty) pada
konsumen pelanggan televisi Sharp. (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh variabel
karakteristik merek (brand characteristic), karakteristik perusahaan (company
characteristic), dan karakteristik konsumen-merek (consumer-brand characteristic) secara
parsial (masing-masing) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek (brand loyalty)
pada konsumen pelanggan televisi Sharp.
Penilitian dilakukan di toko Satelit, Surakarta. Karena toko Satelit terletak dipusat
kota yang terletak di Jl. Slamet Riyadi no. 206 Surakarta. Jenis penelitian yang dilakukan
pada penelitian ini adalah penelitian survei dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi
dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan
televisi merek sharp di toko satelit, Surakarta. Dalam penelitian ini sampelnya adalah
sebagian dari pelanggan televisi sharp ditoko Satelit, Surakarta. teknik pengambilan
sampelnya menggunakan metode Non Probability Sampling. Besar sampel dalam penelitian
ini adalah 155 responden dari besar minimum 100. Jenis data yang digunakan adalah data
primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode kuesioner.
Pengujian dilakukan dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS 19.00 for
windows.
Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan variabel
karakteristik merek, karakteristik perusahaan, dan karakteristik konsumen-merek terhadap
variabel loyalitas merek baik secara bersama - sama maupun parsial pada produk televisi
merek Sharp di Toko Satelit Surakarta. Hal ini berarti semakin tinggi variabel karakteristik
merek, karakteristik perusahaan, dan karakteristik konsumen-merek maka loyalitas merek
juga semakin tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai masing – masing nilai p value jauh
lebih kecil dari tingkat signifikansi 5%.
Kata kunci: Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, Karakteristik Konsumen-Merek dan
Loyalitas Merek.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 19 Jan 2017 06:57
Last Modified: 19 Jan 2017 06:57
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10973

Actions (login required)

View Item View Item