ANALISIS PENCEMARAN AIRTANAH BEBAS AKIBAT PEMBUANGAN LIMBAH INDUSTRI BATIK RUMAH TANGGA DIDESA GULUREJO, KECAMATAN LENDAH, KABUPATEN KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA

Da Silva, Rita (2014) ANALISIS PENCEMARAN AIRTANAH BEBAS AKIBAT PEMBUANGAN LIMBAH INDUSTRI BATIK RUMAH TANGGA DIDESA GULUREJO, KECAMATAN LENDAH, KABUPATEN KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of daftar isi.pdf] Text
daftar isi.pdf

Download (25kB)
[thumbnail of pengesahan.pdf] Text
pengesahan.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of Skripsi_Rita_Da_silva.pdf] Text
Skripsi_Rita_Da_silva.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Pembangunan sumberdaya alam dan lingkungan hidup sebaiknya menjadi cuan bagi kegiatan berbagai sektor pembangunan agar tercipta keseimbangan dan kelestarian fungsi sumber daya alam dan lingkungan hidup. Industri batik merupakan salah satu pembangunan yang melejit guna menjaga esensi jati diri bangsa. Banyaknya usaha batik ini memberikan efek positif dalam bidang ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memperkenalkan pakaian asli masyarakat indonesia kepada dunia sebagai budaya jati diri bangsa dan dapat dijadikan sebagai salah satu alat pariwisata untuk menarik turis mancanegara dari berbagai negara. Selain efek positif tersebut diatas, ternyata industri batik masih menyisakan persoalan lingkungan terkait dengan pencemaran akibat limbah cair yang masih belum diolah atau belum optimal diolah. Lokasi penelitian berada di Desa Gulurejo Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan penelitian yang berada di Desa Gulurejo untuk mengetahui arah aliran airtanah di Desa Gulurejo Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta, mengetahui pencemaran airtanah di lokasi penelitian akibat pembuangan limbah industri batik rumah tangga dengan batasan permasalahn penelitian parameter kimia yang digunakan yaitu pH, BOD, COD dan logam berat yaitu Cr sesuai dengan PerGub DIY No 20 Tahun 2008 Tentang Baku Mutu Air kelas I di Daerah Istimewa Yogyakarta dan juga memberikan wacana tentang arahan pengelolaan yang dapat dilakukan untuk mencegah pencemaran airtanah yang disebabkan oleh industri batik rumah tangga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 19 Jan 2017 03:10
Last Modified: 06 Oct 2023 06:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10950

Actions (login required)

View Item View Item