ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, PROFITABILITAS, DAN STRUKTUR AKTIVA TERHADAP STRUKTUR MODAL (Study empiris pada perusahaan manufaktur sektor Metal And Allied Product yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009 – 2013)

Hidayat, Syamsul Nur (2015) ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, PROFITABILITAS, DAN STRUKTUR AKTIVA TERHADAP STRUKTUR MODAL (Study empiris pada perusahaan manufaktur sektor Metal And Allied Product yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009 – 2013). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel pertumbuhan penjualan,
profitabilitas, dan struktur aktiva terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur sektor
metal and allied product yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009 – 2013. Populasi
yang digunakan dalam penelitian ini sebagai objek yaitu perusahaan manufaktur sektor metal
and allied product yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009 – 2013. Pengumpulan
sampel menggunakan metode purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 11 perusahaan
selama periode 2009 – 2013. Data diuji menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji
hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur modal dipengaruhi secara bersama –
sama oleh pertumbuhanpenjualan, profitabilitas, dan strukturaktiva. Sedangkan secara parsial
menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan (X1) berpengruh negatif dan tidak signifikan
terhadap struktur modal. Artinya bahwa perusahaan lebih banyak pada penjualan kredit jangka
pendek dalam bentuk piutang. Profitabilitas (X2) berpengaruh negatifdan tidak signifikan
terhadap struktur modal. Artinya perusahaan tidak ingin mengambil risiko mengurangi
keuntungan dengan pembiayaan dari luar dan lebih memilih pembiayaan struktur modal dengan
ekuitas. Struktur aktiva (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap struktur modal. Bahwa
semakin besar struktur aktiva yang dimiliki perusahaan maka akan menaikan utang jangka
panjang perusahaan.
Kata Kunci : Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas, Struktur Aktiva, danS truktur Modal

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Mr Suninto Prabowo
Date Deposited: 17 May 2016 02:12
Last Modified: 17 May 2016 02:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/1090

Actions (login required)

View Item View Item