APLIKASI INFORMASI WAKTU SHOLAT dan ARAH KIBLAT MENGGUNAKAN GLOBAL POSITIONING SYSTEM (GPS) dan ACCELEROMETER PADA SMARTPHONE ANDROID 2.1

BIMA PRASETYA, RENGGA (2011) APLIKASI INFORMASI WAKTU SHOLAT dan ARAH KIBLAT MENGGUNAKAN GLOBAL POSITIONING SYSTEM (GPS) dan ACCELEROMETER PADA SMARTPHONE ANDROID 2.1. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Ketika seorang muslim berpergian keluar kota atau daerah yang baru disinggahi, seringkali menemui kesulitan dalam menentukan saat waktu sholat tiba dan arah kiblat di daerah tersebut. Oleh karena itu untuk memudahkan seseorang mengetahui waktu sholat dan arah kiblat, dibutuhkan aplikasi berbasis mobile yang dapat menampilkan waktu sholat suatu daerah di wilayah Indonesia dan arah kiblat secara real-time. Aplikasi ini menggunakan metode Rational Unified Process (RUP). Platform yang digunakan adalah Android 2.1 dan API level 7. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Java pada Eclipse for java (Helios) dengan penambahan Android Development Tools (ADT) 10 dan Android System Development Kit (SDK) sebagai emulator. Untuk menghitung arah kiblat dengan menerapkan rumus segitiga bola. Sedangkan untuk perhitungan waktu sholat menggunakan ilmu Falaq dengan parameter nilai Julian Day (JD), besarnya sun declination dan equation of time. Hasil penulisan ini berupa aplikasi yang berbasis mobile. Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan solusi bagi umat muslim untuk selalu mendapatkan informasi waktu sholat dan arah kiblat dimana saja dan kapan saja secara real-time.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 17 Jan 2017 03:33
Last Modified: 17 Jan 2017 03:33
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10876

Actions (login required)

View Item View Item