RANCANGAN TEKNIS REKLAMASI BEKAS PENAMBANGAN BATUBARA DI PIT SEMERU PT. BARAMEGA INDONESIA SURYA ALAM KELUMPANG HILIR, KOTABARU, KALIMANTAN SELATAN

HAIQAL, DISKARINA (2016) RANCANGAN TEKNIS REKLAMASI BEKAS PENAMBANGAN BATUBARA DI PIT SEMERU PT. BARAMEGA INDONESIA SURYA ALAM KELUMPANG HILIR, KOTABARU, KALIMANTAN SELATAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PT. Baramega Indonesia Surya Alam (PT. BISA) merupakan perusahaan kontraktor yang bergerak dibidang pertambangan. Kegiatan penambangan yang diterapkan PT. BISA adalah sistem tambang terbuka (surface mining) dengan metode penambangan strip mine, dan untuk penataan lahan lubang bekas tambang digunakan metode penimbunan kembali (backfilling). Kegiatan penataan lahan yang sedang dilakukan di PT. BISA adalah pengisian kembali area bekas penambangan Pit Semeru dengan material tanah penutup (overburden) hasil penggalian dari Pit Rinjani. Material tanah penutup di Pit Rinjani memiliki volume 2.304.021,003 CCM, sedangkan lahan bekas penambangan Pit Semeru memiliki kapasitas volume sebesar 1.785.954,210 CCM, dengan kelebihan volumenya sebesar 518.066,793 CCM direncanakan akan ditimbun di atas lahan bekas penambanan Pit Semeru. Berdasarkan data hasil kelebihan volume tanah penutup dari Pit Rinjani, maka untuk penataan kelebihan volume tanah penutup tersebut dibuat suatu rancangan timbunan dengan luas timbunan 7,36 Ha, dan menerapkan jenis penimbunan terraced dump, dengan jumlah 3 lift. Dengan geometri; tinggi jenjang 5 meter, kemiringan jenjang 27°, lebar jenjang 9 meter, dan kemiringan jenjang keseluruhan 17°. Perhitungan kapasitas volume rancangan timbunan memiliki hasil sebesar 518.069,600 CCM. Pengedalian erosi pada rancangan timbunan adalah dengan menerapkan teras bangku. Bidang olah dibuat miring 1 % kearah dalam dan dilengkapi saluran terbuka, pada teras juga dibuatkan guludan dengan tinggi dan lebar 20 cm, serta pada tampingan ditanami rumput-rumputan sebagai penguat teras. Penataan tanah pucuk dilakukan dengan cara penebaran tanah pucuk setebal 0,5 meter yang dilakukan secara merata pada lahan bekas penambangan Pit Semeru yang memerlukan penebaran tanah pucuk yaitu seluas 8,36 Ha. Dengan kebutuhan tanah pucuk sebesar 41.800 LCM, sedangkan tanah pucuk yang tersedia di stock soil sebesar 85.505,830 LCM, untuk itu tanah pucuk yang tersisa nantinya dapat digunakan untuk kegiatan penataan tanah pucuk pada area lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 17 Jan 2017 03:10
Last Modified: 17 Jan 2017 03:10
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10860

Actions (login required)

View Item View Item