APLIKASI PRESENSI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA MENGGUNAKAN BARCODE SCANNER BERBASIS INTRANET

Saputra, Rico (2012) APLIKASI PRESENSI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA MENGGUNAKAN BARCODE SCANNER BERBASIS INTRANET. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstraksi.pdf

Download (62kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perpustakaan merupakan infrastruktur yang sangat vital bagi suatu institusi, lebih-lebih lagi pada suatu Universitas maupun Perguruan Tinggi dimana pengembangan pendidikan menjadi fokus utama. Sebagai infrastruktur yang sangat vital, perpustakaan juga sering disorot oleh publik, khususnya dari kalangan civitas akademik karena disinilah ribuan pengetahuan tersusun dan dikelola. Karena peranannya yang sangat vital maka sungguhlah berat tugas pengelola, karena di perpustakaan tidak hanya buku saja yang dikelola, tetapi juga pelayanan dan sumber daya - sumber daya yang lainnya. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPN “Veteran” Yogyakarta) sebagai salah satu Universitas terbesar di Yogyakarta sudah tentu memiliki perpustakaan terpadu di tingkat universitas. Namun dalam hal presensi pengunjung perpustakaan ini masih menggunakan sistem catat manual. Sehingga akan menyulitkan saat melakukan penghitungan jumlah pengunjung perpustakaan dalam jangka waktu tertentu. Apalagi ketika setiap jurusan meminta data jumlah mahasiswa jurusan tersebut yang mengunjungi perpustakaan. Untuk membantu mengatasi masalah ini maka perlu dibuat suatu sistem aplikasi terpadu berbasis intranet menggunakan barcode scanner ini. Pada skripsi ini telah dibuat sebuah aplikasi yang dapat mempermudah admin dalam memasukkan data pengunjung perpustakaan, serta dapat melihat laporan pengunjung perpustakaan berdasarkan waktu tertentu. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP, serta MySQL untuk pembuatan database. Aplikasi presensi perpustakaan ini mempermudah peranan petugas perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta untuk melakukan pengawasan terhadap pengunjung perpustakaan. Aplikasi ini juga menampilkan report (laporan) yang sewaktu-waktu dibutuhkan untuk melengkapi salah satu syarat menentukan akreditasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eko Suprapti
Date Deposited: 16 Jan 2017 02:37
Last Modified: 16 Jan 2017 02:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10838

Actions (login required)

View Item View Item