APLIKASI PENGHITUNGAN NILAI KINERJA ANGGOTA KEPOLISIAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTHING (SAW) DAN WEIGHTED PRODUCT (WP) (Study Kasus di Kantor Kepolisian Polres Kupang Kota - NTT )

Giri, Rayni Rambu May (2012) APLIKASI PENGHITUNGAN NILAI KINERJA ANGGOTA KEPOLISIAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTHING (SAW) DAN WEIGHTED PRODUCT (WP) (Study Kasus di Kantor Kepolisian Polres Kupang Kota - NTT ). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (34kB)

Abstract

ABSTRAK Kepolisian Polres Kupang Kota merupakan barometer pelayanan publik di NTT yang mempunyai tugas dan peran yang cukup besar, maka pembenahan internal Kepolisian baik peralatan maupun personil perlu dikembangkan. Salah satu masalah yang sering dihadapi dalam kantor Polres Kupang Kota khususnya bagi bagian SUMDA (Sumber Daya) yaitu masih kesulitan didalam menentukan anggota kepolisian yang berprestasi untuk tiap periode pemilihan, karena begitu banyaknya kandidat anggota sehingga perlu diperhitungkan secara matang dan menggunakan metode yang dapat dipertanggung jawabkan ketika anggota terbaik yang memiliki nilai tertinggi sesuai dengan kriteria-kriteria yang digunakanlah yang akan dipilih sebagai anggota yang berprestasi untuk tiap periode pemilihan. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini diharapkan dapat membantu mempermudah kerja khususnya bagian SUMDA kantor Polres Kupang Kota dalam proses pemilihan anggota kepolisian yang berprestasi untuk tiap periode pemilihan. Pada penelitian ini telah berhasil dibangun sebuah aplikasi penghitunagn nilai kinerja anggota kepolisian menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Weight Product (WP), Konsep dasar metode SAW adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut. sedangkan konsep dasar metode WP adalah menggunakan perkalian untuk menghubungkan rating atribut, dimana rating setiap atribut harus dipangkatkan dulu dengan bobot atribut yang bersangkutan. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySql sebagai databasenya, untuk editor menggunakan Macromedia Dreamweaver 8. Sistem ini dibuat dengan menggunakan metode pengembangan sistem waterfall, pengerjaan dari sistem ini dilakukan secara berurutan atau linear. Aplikasi ini menghasilkan ouput yang diperlukan oleh pimpinan, antara lain dapat melihat data kriteria, data anggota, data nilai atau rangking anggota dan hasil nilai akhirnya. Proses tersebut berdasarkan nilai hasil seleksi dan kriteria-kriteria yang telah ditentukan seperti tanggung jawab, kesetiaan, kreativitas dan kejujuran. Nilai akhir yang lebih besar mengidentifikasikan bahwa alternatif tersebut lebih terpilih. Pada proses perhitungan menggunakan metode SAW dan WP menghasilkan perangkingan yang sama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 16 Jan 2017 02:14
Last Modified: 16 Jan 2017 02:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10836

Actions (login required)

View Item View Item