PERANCANGAN ALAT PEMBUAT ES PUTER DENGAN METODE QFD UNTUK MEMPERCEPAT WAKTU PROSES PRODUKSI (Study Kasus di Home Industry Pembuatan Es Puter Jl. Sendangsari Sambirejo, Condongcatur, Sleman, Yogyakarta)

Putra, Fajar Bramudi (2012) PERANCANGAN ALAT PEMBUAT ES PUTER DENGAN METODE QFD UNTUK MEMPERCEPAT WAKTU PROSES PRODUKSI (Study Kasus di Home Industry Pembuatan Es Puter Jl. Sendangsari Sambirejo, Condongcatur, Sleman, Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Proses produksi pembuatan es puter adanya suatu keluhan diantaranya sakit pinggang, punggung, hal ini karena tempat duduk atau kursi yang lebih tinggi dari benda kerja dan para pekerja pembuat es puter dengan cara membungkuk. Apalagi waktu yang dibutuhkan antara 2-3 jam. Maka dari itu, keluhan yang dirasakan oleh para pembuat es puter adalah cepat lelah, rasa linu atau kesakitan karena teralalu lama dalam proses produksinya. Disamping karena alat yang digunakan masih manual, pihak pemilik home industry belum menerapkan dan memperhatikan kenyamanan pekerjanya, sehingga pekerja sering mengalami kelelahan dini saat bekerja. Penelitian ini akan merancang alat pembuat es puter dengan metode QFD untuk mempercepat proses produksi, sehingga waktu yang dibutuhkan efektif dan dapat menurukan kelelahan pada persendian tubuh pekerja karena sesuai dengan dimensi tubuh operator. Pengolahan data kuesioner kepentingan, uji keseragaman data antropometri dan analisis QFD, serta mengetahui konsumsi energi yang dikeluarkan sebelum dan sesudah perancangan alat. Dari hasil pengolahan data, maka dapat disimpulkan setelah perancangan alat pembuat es puter dengan metode QFD untuk mempercepat proses produksi menghasilkan ukuran tinggi alat 70 cm, tinggi tabung termos 45 cm dengan diameter 18 cm, lebar alat 59 cm. Konsumsi energi yang dikeluarkan pada 2,8 kkal/menit dan pada alat perancangan lebih sebesar 2,5 kkal/menit. Dengan hal ini maka energi yang dikeluarkan lebih sedikit sehingga pekerja tidak merasa cepat pegal, lelah. Kata Kunci : Perancangan, Pembuat es Puter, Metode QFD, Aspek Ergonomi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Suprapti
Date Deposited: 12 Jan 2017 03:00
Last Modified: 12 Jan 2017 03:00
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10808

Actions (login required)

View Item View Item