Rancangan Optimal Pembuatan Roster Menggunakan Serbuk Kayu Sebagai Subtitusi Pasir (studi kasus pada sentra industri pasir-semen godean)

ADITYARINI, ADITYARINI (2011) Rancangan Optimal Pembuatan Roster Menggunakan Serbuk Kayu Sebagai Subtitusi Pasir (studi kasus pada sentra industri pasir-semen godean). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

Pembangunan sektor perumahan/hunian memacu berkembangnya usaha bahan bangunan terutama industri pasir-semen di daerah Godean. Salah satu produk yang dihasilkan oleh industri pasir-semen adalah roster. Di sisi lain di daerah Godean juga terdapat banyak industri kayu. Hasil olahan dari industri kayu selama ini kurang dimanfaatkan dengan baik. Apabila hasil olahan tersebut dibiarkan saja maka akan memenuhi area produksi yang mengganggu kelancaran proses produksi dan menimbulkan efek kurang baik terhadap lingkungan serta cenderung menjadi sampah. Oleh karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk memanfaatkan serbuk kayu sebagai bahan pengganti pasir dalam pembuatan roster. Untuk menentukan rancangan optimal, dalam penelitian ini digunakan metode yang berprinsip pada perancangan robust design, yaitu metode Taguchi. Tujuannya adalah menentukan rancangan optimal pembuatan roster dengan bahan baku serbuk kayu. Karakteristik kualitas yang dituju adalah kuat tekan roster. Analisis yang digunakan adalah signal to noise ratio larger the better. Faktor-faktor kendali yang dilibatkan adalah ukuran partikel pasir (8 mesh, 16 mesh, dan 30 mesh), persentase serbuk kayu (10%, 20%, dan 30%), faktor air-semen (0,4, 0,5, dan 0,6) dan lama perawatan (7 hari, 24 hari, dan 32 hari). Faktor noise yang dilibatkan adalah kadar air dalam pasir (tinggi dan rendah). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan optimal pembuatan roster berbahan baku serbuk kayu adalah (A3, B1, C1, D3). Artinya, komposisi rancangan optimal pembuatan roster yang diusulkan terdiri dari bahan pasir dengan ukuran partikel 30 mesh, persentase serbuk kayu 10%, faktor air semen 0,4, dan lama perawatan 32 hari. Roster yang dihasilkan tergolong dalam roster mutu HB 20. Analisis terhadap hasil penelitian menunjukkan bahwa kuantitas serbuk kayu berpengaruh terhadap kualitas produk roster. Kata kunci: roster, serbuk kayu, kuat tekan, metode Taguchi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 11 Jan 2017 03:18
Last Modified: 11 Jan 2017 03:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10781

Actions (login required)

View Item View Item