PERANCANGAN ULANG ALAT PEMIPIL JAGUNG DENGAN MOTOR LISTRIK ( MESIN PEMIPIL JAGUNG ) GUNA MENINGKATKAN PRTODUKTIVITAS (Studi kasus di Desa Margodadi Seyegan Sleman)

Laksito, Septian (2011) PERANCANGAN ULANG ALAT PEMIPIL JAGUNG DENGAN MOTOR LISTRIK ( MESIN PEMIPIL JAGUNG ) GUNA MENINGKATKAN PRTODUKTIVITAS (Studi kasus di Desa Margodadi Seyegan Sleman). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER, abstrak,daftar pustaka.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakuakan untuk merancangan ulang alat pemipil jagung karena sarana kerja yang digunakan masih tergolong konvensional atau manual sehingga berpengaruh pada tingkat produktivitas pemipilan jagung. Seiring dengan perkembangan zaman maka dilakukan perancangan ulang alat pemipil jagung dengan pengerak utama motor listrik selain bertujuan untuk meningkatkan produktivitas alat tersebut dirancang dengan mempertimbangkan aspek ergonomi dan ekonomi. Berdasarkan dari hasil perhitungan maka dengan penggunaan pengerak utama motor listrik dapat meningkatkan produktivitas pada proses pemipilan jagung sebesar 1,49 %. Sebelum dilakukan perbaikan rata-rata output kerja 65 kg/jam. Setelah perbaikan rata-rata output kerja sebesar 97 kg/jam. Penentuan ukuran fasilitas keja dirancang sesuai dengan data antopometri yang diperoleh dari pengukuran secara langsung terhadap bagian tubuh yang dibutuhkan, kemudian hasilnya dilakukan comparing dan combining dengan kaidah ergonomi agar alat yang dihasilkan aman dan nyaman dipakai. Alat pemipil jagung ini disesuaikan dengan tingkat ekonomi petani serta dapat meminimalkan biaya oprasional dan dapat meningkatkan keuntungan, hal ini dapat dilihat berdasarkan perbandingan biaya yang dikeluarkan kedua alat tersebut. Kata kunci : alat pemipil jagung, produktivitas, ergonomi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 11 Jan 2017 03:06
Last Modified: 11 Jan 2017 03:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10780

Actions (login required)

View Item View Item