Perencanaan Strategi Perusahaan Untuk Menciptakan Pangsa Pasar Baru Menggunakan Blue Ocean Strategy

CONSTANTINI, KARINA (2011) Perencanaan Strategi Perusahaan Untuk Menciptakan Pangsa Pasar Baru Menggunakan Blue Ocean Strategy. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

CV Ardana adalah sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 2000 dan
bergerak dalam industri mebel dengan mengusung merek Ardana dan Moderne.
Seiring perkembangan usahanya, CV Ardana memiliki masalah daya saing yang
rendah, yaitu ditandai dengan rendahnya profit yang didapat. Di sisi lain, CV Ardana
tidak bisa meningkatkan daya saingnya dan juga tidak dapat menciptakan pangsa baru
sehingga CV Ardana tidak dapat bersaing secara terbuka dengan kompetitor karena
kompetitor umumnya telah memiliki citra merek yang kuat, jaringan distribusi yang
baik, dan customer value yang tinggi. Rendahnya daya saing diakibatkan karena
kurang tepatnya pemilihan strategi pemasaran yang dilakukan. Oleh karena itu, perlu
dilakukan upaya perbaikan strategi agar dapat menciptakan pangsa pasar baru.
Metode yang dapat digunakan CV Ardana untuk mengatasi masalah daya
saing tersebut adalah Blue Ocean Strategy, yaitu metode yang bertujuan mengubah
aturan main kompetisi. Blue Ocean Strategy memungkinkan CV Ardana untuk
merancang strategi bisnis baru yang dapat menarik minat konsumen melalui
peningkatan customer value sekaligus pengurangan biaya. Kerangka kerja yang
digunakan dalam penelitian ini mencakup survey mengenai consumer insights,
kanvas strategi dan Four Actions.
Berdasarkan hasil penelitian, strategi bisnis baru CV Ardana adalah
diferensiasi produk melalui customer value: penghapusan fasilitas pembayaran cicilan
dan tukar tambah, pengurangan desain dari titik nol, peningkatan kemampuan
rancang ulang dan keawetan struktur mebel, penciptaan nilai Lego System, Design
Your Own Price, Design For Others, dan Furniture Swap. Positioning baru CV
Ardana adalah “Flexibility with Meaning”. Melalui peningkatan kompetensi di
bidang desain, pemasaran, dan community bounding, diharapkan CV Ardana tidak
akan menjadi “sekedar produsen mebel biasa”, tetapi juga sebagai “value messenger
for the community.” Perusahaan lain yang akan berusaha mengikuti langkah CV
Ardana pada akhirnya akan selalu dicap sebagai follower.
Kata kunci : Blue Ocean Strategy, kanvas strategi, Four Actions Framework,
consumer insights, industri mebel, dan strategi bisnis�

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: T Technology > T Technology (General)
Divisions: x. Eprints Lama > 4
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 11 Jan 2017 02:49
Last Modified: 11 Jan 2017 02:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10773

Actions (login required)

View Item View Item