ANALISIS RENCANA INVESTASI MESIN BARU UNTUK EFISIENSI PENGGUNAAN ENERGI (Studi Kasus pada PT. Cigading Habeam Centre, Banten)

DEBRIANI, FRISCA WINDHY (2016) ANALISIS RENCANA INVESTASI MESIN BARU UNTUK EFISIENSI PENGGUNAAN ENERGI (Studi Kasus pada PT. Cigading Habeam Centre, Banten). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (521kB) | Preview

Abstract

Industri baja merupakan salah satu sektor industri yang tergolong sebagai industri padat energi. Ketidakefisienan dalam penggunaan energi akan menyebabkan kerugian. Maka, efisiensi energi dalam suatu industri perlu diterapkan. Upaya efisiensi energi yang direkomendasikan umumnya berupa penggunaan perangkat atau mesin hemat energi. PT. Cigading H-beam Centre merupakan perusahaan baja nasional yang memproduksi baja h-beam. Dalam proses produksinya, perusahaan ini memiliki mesin-mesin produksi yang telah berusia sangat tua sehingga mengalami keusangan. Saat ini, perusahaan berencana melakukan investasi berupa penggantian mesin las Tandem AC/AC menjadi las Tandem AC/DC. Rencana investasi ini bertujuan untuk mengurangi jumlah penggunaan energi terhadap mesin tersebut. Langkah pertama yang dilakukan adalah menghitung besarnya penggunaan energi setelah dilakukan penggantian mesin. Kemudian dibandingkan dengan penggunaan energi sebelum penggantian mesin. Penggunaan energi dengan mesin baru lebih efisien dibandingkan dengan mesin lama. Peningkatan efisiensi energi terjadi sebesar 50%. Namun, untuk menjalankan investasi tersebut dibutuhkan dana yang cukup besar sehingga dibutuhkan pengambilan keputusan yang tepat agar tidak menimbulkan kerugian. Dalam mengambil keputusann terkait dengan rencana investasi tersebut, maka dalam penelitian ini dilakukan penilaian investasi dengan menggunakan metode Pay Back Period (PP) yang menunjukkan hasil bahwa waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan investasi yang ditanam lebih cepat daripada waktu yang disyaratkan perusahaan (4 tahun) yaitu 1 tahun 4 bulan. Metode Accounting Rate of Return (ARR) menunjukkan hasil yaitu 140% yang berarti layak karena lebih besar dari tingkat bunga yang disyaratkan yaitu 8%. Metode Net Present Value (NPV) menunjukkan hasil yaitu sebesar Rp. 16.413.145.283 yang berarti mengntungkan karena NPV bernilai positif (NPV>0). Metode Internal Rate of Return (IRR) menunjukkan hasil yaitu 89% yang berarti layak untuk dilaksanakan karena lebih besar dari tingkat bunga yang disyaratkan yaitu 8% , dan metode Profitabilitas Index (PI) menunjukkan hasil yaiu 8,8 yang berarti layak (PI>1). Kata kunci : efisiensi, penilaian investasi, Payback period (PP), Accounting Rate of Return (ARR), Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Profitabilitas Index (PI).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 10 Jan 2017 07:12
Last Modified: 10 Jan 2017 07:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10747

Actions (login required)

View Item View Item