ESTIMASI SUMBERDAYA BATU ANDESIT DENGAN METODE CROSS SECTIONAL DI CV. GUNUNG MULIA DESA SOMOREJO, KECAMATAN BAGELEN, KABUPATEN PURWOREJO, PROVINSI JAWA TENGAH

DWI BASKORO, BRIAN (2016) ESTIMASI SUMBERDAYA BATU ANDESIT DENGAN METODE CROSS SECTIONAL DI CV. GUNUNG MULIA DESA SOMOREJO, KECAMATAN BAGELEN, KABUPATEN PURWOREJO, PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRACK.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

CV. Gunung Mulia (CV. GM) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri pertambangan batu andesit yang terletak di Desa Somorejo, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Bahan galian andesit yang terdapat di Desa Somorejo, Kecamatan Bagelan terlihat sangat kompak dan dengan jumlah yang cukup banyak. Kebutuhan andesit sebagai bahan bangunan pada saat ini cukup banyak. Oleh karena itu bahan galian andesit yang ada di lokasi tersebut sangat baik untuk dapat dikembangkan menjadi suatu kegiatan investasi di sektor pertambangan. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah belum terdapat data terperinci mengenai jumlah perhitungan Sumberdaya batu Andesit, sehingga dibutuhkan data-data yang akurat melalui pengamatan langsung terhadap kondisi struktur geologi daerah dan keadaan topografi endapan batu Andesit dan nisbah pengupasan di CV. GM hingga perhitungan besar Sumberdaya. Upaya yang dapat dilakukan agar mendapatkan jumlah total perhitungan Sumberdaya batu Andesit adalah dengan metode Cross Section dengan pedoman Rule of Gradual Change menggunakan software AutoCad dan Quicksurf. Pemilihan metode tersebut didasarkan atas sifat Andesit yang bersifat homogen, perhitungan yang sederhana dan mudah dimengerti. Metode Cross Section dipilih dengan mempertimbangkan bahan galian yang akan diteliti. Estimasi Sumberdaya batu Andesit pada daerah penelitian, dibatasi sampai elevasi terendah 15 m di atas permukaan air laut, dengan tebal lapisan tanah penutup sekitar 1,5-2 meter. Perhitungan estimasi Sumberdaya batu Andesit di CV. Gunung Mulia dengan hasil optimal ada pada jarak sayatan 25m dengan volume sebesar 6.658.474 m 3 dan tonase sebesar 16.513.016 ton.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 10 Jan 2017 07:21
Last Modified: 10 Jan 2017 07:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10745

Actions (login required)

View Item View Item