Pengamanan Instant Messaging pada Aplikasi Presentasi Online dengan Menggunakan Algoritma DES (Data Encryption Standart)

KUSANTO WIBOWO, RAMADHAN (2011) Pengamanan Instant Messaging pada Aplikasi Presentasi Online dengan Menggunakan Algoritma DES (Data Encryption Standart). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
3 abstrak.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dan komputer semakin hari semakin berkembang pesat, salah satu hasil penggabungan dari kedua teknologi itu adalah berkembangnya aplikasi chatting atau instan messaging (IM). Instant messaging merupakan suatu teknologi mengirimkan pesan secara singkat dan cepat antar pengguna IM. Saat ini penggunaan instant messaging sangat diminati bahkan untuk komunikasi yang bersifat pribadi sekalipun, hal ini yang kemudian menimbulkan suatu permasalahan. Diantara permasalahan itu adalah kerahasiaan data yang ditransmisikan pada jaringan rawan terhadap penyadapan, oleh karena itu perlu adanya penyandian pesan yang ditransmisikan dijaringan agar tidak mudah dipahami oleh pihak yang tidak mempunyai otoritas. Pada penelitian ini dibuat suatu pengamanan pesan singkat atau instant messaging yang diaplikasikan difasilitas IM pada aplikasi presentasi online. Aplikasi presentasi online merupakan suatu aplikasi presentasi yang dilakukan secara online tanpa harus bertatap muka antara presentator dan peserta yang mengikuti presentasi. Aplikasi presentasi online sangat membantu bagi orang yang ingin melakukan presentasi namun terhalang oleh jarak, dengan aplikasi ini orang yang ingin melakukan presentasi dapat berpresentasi dengan menggunakan bantuan jaringan internet. Dalam pembuatan pengamana pesan singkat dan aplikasi presentasi online, algoritma kriptografi yang digunakan adalah algoritma DES (data encryption standat) dan Java Programing sebagai bahasa pemrograman serta NetBeans sebagai tool editor. Penelitian ini akan menghasilkan suatu aplikasi presentasi secara online yang didalamnya terdapat fasilitas mengirim pesan singkat dengan menggunakan pengamanan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 10 Jan 2017 04:20
Last Modified: 10 Jan 2017 04:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10732

Actions (login required)

View Item View Item