KELIMPAHAN HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN PADI (Oryza sativa L.) VARIETAS DIAH SUCI DENGAN BERBAGAI VARIASI PEMUPUKAN DAN TIPE TANAM JAJAR LEGOWO

RISTINA HANDANI PUTRI, LUKIS (2016) KELIMPAHAN HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN PADI (Oryza sativa L.) VARIETAS DIAH SUCI DENGAN BERBAGAI VARIASI PEMUPUKAN DAN TIPE TANAM JAJAR LEGOWO. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrak(1).pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover depan.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi(1).pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (912kB) | Preview

Abstract

Kelimpahan hama dan penyakit dipengaruhi antara lain oleh kesuburan dan kerapatan tanaman. Tanaman yang subur dan rapat menyebabkan hama menyukai sehingga serangan hama dan penyakit lebih banyak. Serangan hama dan penyakit akan berpengaruh terhadap produksi padi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh variasi pemupukan dan tipe tanam jajar legowo terhadap kelimpahan hama dan penyakit pada padi varietas Diah Suci. Penelitian dilaksanakan di Desa Sentono, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Menggunakan rancangan Split splot dengan dua faktor yaitu variasi pemupukan dan tipe tanam jajar legowo. Faktor pertama variasi pemupukansebagaimain plot terdiri atas: P1 = pupuk anorganik dosis rekomendasi (pupuk urea 100 kg/ha, phonska 400 kg/ha, KCL 100 kg/ha), P2 = 50% pupuk anorganik dosis rekomendasi + 10 ton/ha pupuk organik produk BATAN, P3 = 50% pupuk anorganik dosis rekomendasi + 10 ton/ha pupuk organik produk Fakultas Pertanian. Faktor kedua tipe tanam jajar legowo sebagai sub plot terdiri atas: JI = 2:1, J2 = 3:1, J3 = 4:1. Pengamatan kelimpahan hama dan penyakit dilakukan mulai 15 hari setelah tanam sampai menjelang panen. Hasil pengamatan diperoleh bahwa terdapat interaksi antara pemupukan 50% anorganik + 10 ton organik produk UPN dengan tipe tanam jajar legowo 3:1 dan 4:1dalam hal kelimpahan dan kerusakan akibat hama dan penyakit lebih tinggi. Substitusi menggunakan pupuk dosis 50% anorganik + 10 ton organik produk BATAN dapat menekan kelimpahan dan kerusakan hama dan penyakit. Tipe tanam jajar legowo 2:1 dapat menekan kelimpahan dan kerusakan oleh hama dan penyakit. Kata kunci: kelimpahan, penyakit, pemupukan, tipe tanam jajar legowo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 10 Jan 2017 04:27
Last Modified: 10 Jan 2017 04:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10731

Actions (login required)

View Item View Item