INTEGRASI APLIKASI DENGAN METODE SINGLE SIGN ON MENGGUNAKAN CENTRAL AUTHENTICATION SERVICE (CAS) DAN LIGHTWEIGHT DIRECTORY ACCESS PROTOCOL (LDAP) Studi Kasus : Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta

RIZA HILMI, MUHAMMAD (2011) INTEGRASI APLIKASI DENGAN METODE SINGLE SIGN ON MENGGUNAKAN CENTRAL AUTHENTICATION SERVICE (CAS) DAN LIGHTWEIGHT DIRECTORY ACCESS PROTOCOL (LDAP) Studi Kasus : Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD RIZA HILMI.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta merupakan salah satu universitas terkemuka dalam bidang teknologi informasi. Teknologi informasi UPN “Veteran” Yogyakarta telah memiliki banyak aplikasi web, semua aplikasi web ini masih berdiri sendiri, dan lama kelamaan mengalami kesulitan dalam hal pengelolaan. Selain itu, aplikasi-aplikasi tersebut belum terintegrasi secara sistem, sehingga masih memerlukan management account pada masing-masing aplikasi. Oleh karena itu, setiap pengguna memungkinkan untuk memiliki banyak username dan banyak password sehingga tidak mudah untuk mengingatnya dan diperlukan login berulang kali untuk menggunakan aplikasi yang berbeda. Single Sign On (SSO) merupakan sebuah metode penggabungan berbagai aplikasi web dengan tujuan menggabungkan aplikasi yang ada pada portal UPN “Veteran” Yogyakarta ke dalam sebuah site sehingga terbentuk integrasi aplikasi yang biasa disebut dengan Web Portal. Dengan adanya Web Portal yang menggunakan metode Single Sign On (SSO) ini, berarti setiap pengguna hanya perlu memiliki satu username, satu password. Dan bila ingin mendapatkan layanan atau fasilitas di Web Portal, pengguna ini hanya perlu login satu kali saja bisa dapat menggunakan semua fasilitas atau layanan aplikasi yang ada di dalam Web Portal tersebut. Pengguna tidak perlu menghapal banyak account, hanya satu account dan tidak perlu berulang kali login, cukup dengan sekali login. Hal ini juga dapat mempermudah dalam pengorganisasian data pengguna yang ada, sehingga keamanan data pengguna lebih terjamin, karena menggunakan tempat penyimpanan data pengguna yang terpusat. Metodologi pengumpulan data untuk menganalisis sistem dengan menggunakan survey. Dalam penelitian ini digunakan metode klasik, yaitu metode waterfall yang bersifat sistematik sehingga berurutan dalam membangun sebuah sistem. Integrasi aplikasi menggunakan metode Single Sign On (SSO). Program yang dibuat dengan menggunakan sistem operasi Ubuntu Server, bahasa pemrograman PHP, Lightweight Directory Access Protocol (LDAP), Central Authentication Service (CAS), serta web server Apache2. CAS sebagai framework yang digunakan untuk sistem authentikasi, sedangkan LDAP digunakan sebagai sebuah protokol direktori servis, dimana semua data pengguna disimpan di dalam LDAP. Penerapan metode Single Sign On (SSO) dalam integrasi web portal di UPN “Veteran” Yogyakarta dengan menggunakan Central Authentication Service (CAS) dan Lightweight Directory Access Protocol (LDAP) lebih dikhususkan untuk blog, email dan wiki yang telah dimiliki oleh UPN “Veteran” Yogyakarta. Pengguna portal terbantu dengan diimplementasikannya Single Sign On yang dapat mempermudah civitas akademika UPN “Veteran” Yogyakarta karena tidak perlu menggunakan banyak account.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 10 Jan 2017 04:14
Last Modified: 10 Jan 2017 04:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10727

Actions (login required)

View Item View Item