ANALISIS PERENCANAAN PRODUKSI DENGAN METODE ECONOMIC PRODUCTION QUANTITY (EPQ) MULTI ITEM UNTUK MEMINIMUMKAN BIAYA PRODUKSI (Studi Kasus di SP Aluminium, di Yogyakarta)

Sumbodo, Galih Aji (2016) ANALISIS PERENCANAAN PRODUKSI DENGAN METODE ECONOMIC PRODUCTION QUANTITY (EPQ) MULTI ITEM UNTUK MEMINIMUMKAN BIAYA PRODUKSI (Studi Kasus di SP Aluminium, di Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. COVER.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Halaman Pengesahan.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

SP Alumunium merupakan perusahaan yang memproduksi alat rumah tangga dan aksesoris. Perusahaan ini berlokasi di Desa Sorogenen, Kelurahan Sorosutan, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta. Dalam menghadapi permintaan yang bervariasi, perusahaan terkadang mengalami kesulitan dalam menentukan tingkat volume produksi yang optimal sehingga perusahaan memproduksi sebanyak mungkin yang mengakibatkan terjadinya persediaan produk menumpuk dalam gudang. Hal ini tentunya menimbulkan biaya tambahan akibat penyimpanan produk jadi yang terlalu banyak (holding cost). Tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini adalah menentukan rata-rata produksi, siklus produksi optimal dan volume produksi untuk memenuhi permintaan dengan metode Economic Production Quantity untuk melakukan perencanaan produksi secara efisien agar tidak terjadi penumpukan produk jadi digudang dan meminimalkan biaya produksi. Metode ini disesuaikan dengan kondisi perusahaan dan diharapkan dapat memberi pertimbangan atau perbaikan perusahaan dalam merencanakan produksi yang tepat Hasil dari penelitian ini adalah mengetahui rata-rata produksi wajan super biasa 308 unit dan wajan super polis 717 unit, siklus produksi optimal wajan super biasa 2 kali dan wajan super polis 1 kali, dan volume produksi optimal wajan super biasa 88.759 unit dan wajan super polis 206.572 unit sehingga dapat meminimalkan biaya produksi sebesar Rp.519.554.220. Kata Kunci : Perencanaan produksi, Persediaan, penentuan biaya produksi minimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 10 Jan 2017 03:14
Last Modified: 10 Jan 2017 03:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10705

Actions (login required)

View Item View Item