APLIKASI E-CRM PADA PERUSAHAAN KONSULTAN DESAIN INTERIOR (Studi Kasus di CV. EXPOSIF Yogyakarta)

Masrum, Masrum (2011) APLIKASI E-CRM PADA PERUSAHAAN KONSULTAN DESAIN INTERIOR (Studi Kasus di CV. EXPOSIF Yogyakarta). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of Masrum.pdf]
Preview
Text
Masrum.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi pada abad ke-21 sangat pesat, salah satu
contoh dari perkembangan teknolgi informasi ini adalah internet. Masyarakat mulai
terbiasa menggunakan internet dalam kehidupan setiap hari. Di sisi lain rumah merupakan
suatu kebutuhan pokok dari manusia, masyarakat mulai melihat rumah bukan hanya
sekedar tempat tinggal, karena itu keindahan interior rumah sudah merupakan sebuah
kebutuhan untuk meningkatkan kualitas kehidupan dan budaya penghuninya serta
memunculkan sebuah kesan yang indah dan kenyamanan di dalam rumah itu sendiri. Yang
sering menjadi permasalahan bagi konsultan adalah bagaimana mengetahui keinginan
konsumen dan menjaga agar hubungan antara konsumen dengan perusahaan dapat terjalin
dengan baik. Untuk itu dikenalkan sebuah sistem yang bernama sistem Electronic
Customer Relationship Management (e-CRM) . CRM adalah strategi bisnis yang tidak
hanya meningkatkan volume transaksi, tetapi meningkatkan keuntungan pendapatan dan
kepuasan konsumen.
Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemprograman PHP dengan software
pendukung yaitu Macromedia Dreamweaver dan MySQL untuk perancangan database.
Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem menggunakan metode waterfall. Hal
yang mendasari pemilihan metode ini karena dilakukan secara berurutan dalam menyusun
perancangan dan implementasi sistem.
Penelitian ini menghasilkan sebuah Aplikasi e-CRM, yang berbentuk sebuah
website yang memiliki beberapa menu yang tidak dimiliki oleh website sejenis lainnya.
Website ini juga memiliki kelengkapan informasi yang cukup sehingga pelanggan dapat
dengan mudah mendapatkan informasi yang diinginkan. Dengan adanya perancangan
aplikasi e-CRM ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan informasi dan pelayanan
kepada pelanggan yang saat ini masih terbatas, sehingga dapat memberikan keuntungan
bagi pelanggan dan perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: T Technology > T Technology (General)
Divisions: x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 10 Jan 2017 02:54
Last Modified: 10 Jan 2017 02:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10701

Actions (login required)

View Item View Item