IMPLEMENTASI BISNIS PLAN BUDI DAYA BUAH SALAK PONDOH ”ADRIWANDI’’

Hutomo, Adi Wahyu (2015) IMPLEMENTASI BISNIS PLAN BUDI DAYA BUAH SALAK PONDOH ”ADRIWANDI’’. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Pohon salak mulai berbuah pada usia 3 tahun, namun demikian selama menunggu masa panen, masih dapat memperoleh penghasilan yaitu dari penjualan bibit salak pondoh. BEP dari bisnis budidaya salak pondoh ini kurang lebih sekitar 8 tahun. Pemahaman aspek pasar memegang peranan yang penting sebelum memulai bisnis, karena sumber pendapatan utama perusahaan berasal dari penjualan produk yang dihasilkan. Hal-hal yang perlu dianalisis dari aspek pasar diantaranya jenis produk yang akan diproduksi, banyaknya produk yang diminta oleh konsumen, serta menganalisis banyaknya produk yang ditawarkan oleh pesaing, sedangkan analisis aspek pemasaran menganalisis cara atau strategi agar produk yang dihasilkan dapat sampai ke konsumen dengan lebih efisien dibandingkan pesaing. Strategi SWOT di dalam memecahkan persoalan sebagai berikut : 1) Stategi ST meliputi pemanfaatan pengetahuan tentang budidaya salak pondoh yang luas untuk untuk mengatasi cuaca buruk (kemarau panjang), seperti dengan membuat sumur buatan untuk pengairan; penggunaan tenaga yang terampil di bidang budidaya salak pondoh dapat mengantisipasi dan mengatasi apabila terdapat hama dan penyakit; membuat diversifikasi produk berupa produk olahan dari bahan salak untuk menyiasati harga salak yang rendah saat panen raya. 2) Stategi WT meliputi mengikuti seminar, lokakarya, diklat dan sejenisnya untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam budidaya; menjalin kerjasama dengan pihak lembaga keuangan seperti Bank untuk mendapatkan kredit murah untuk lebih dapat meningkatkan produk olahan salak pondoh agar baik dari segi kuantitas dan kualitas sebagai antisipasi rendahnya harga saat panen raya. 3) Stategi SO meliputi usaha menjalin komunikasi yang baik dengan para pedagang buah baru untuk lebih meningkatkan lini penjualan salak pondoh, mempertahankan hubungan komunikasi dengan pedagang lama untuk mempertahankan lini penjualan yang telah berjalan, menggunakan kemampuan dalam menggunakan teknologi informasi (internet) untuk memperluas jaringan pemasaran khususnya promosi. 4) Stategi WO meliputi meningkatkan kemampuan SDM dalam bidang iptek khususnya internet sehingga mampu membuat, mengoperasikan WEB pemasaran mandiri secara online, menjalin kerjasama dengan profesional di bidang Iptek khususnya internet untuk membuat web pemasaran sehingga pemasaran yang luas lebih cepat terealisir. Kata kunci : Budidaya, Salak Pondoh

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 09 Jan 2017 04:21
Last Modified: 09 Jan 2017 04:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10649

Actions (login required)

View Item View Item