ANALISIS PERFORMANSI WATER INJECTION PUMP (WIP) MENGGUNAKAN PENDEKATAN MULTIPLE REGRESSION (Studi kasus PT. Geo Dipa Energi Unit Dieng)

HARRY WIDYANTO, RIZAL (2012) ANALISIS PERFORMANSI WATER INJECTION PUMP (WIP) MENGGUNAKAN PENDEKATAN MULTIPLE REGRESSION (Studi kasus PT. Geo Dipa Energi Unit Dieng). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK RIZAL HARRY WIDYANTO.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara yang berada di “ring of fire” dunia dianugerahi puluhan gunung berapi yang merupakan sumber utama panas bumi (geothermal). Potensi geothermal Indonesia yang saat ini sudah teridentifikasi mencapai 28.998 Mega Watt equivalen (Mwe) – (posisi Desember 2010) atau setara dengan 19 miliar barrel minyak bumi. Berdasarkan tipe sistem geothermal dan potensi energi yang dihasilkan, sebaran sumber geothermal yang ada di Indonesia memiliki potensi sebagai pembangkit listrik antara 50 - > 100 MWe. (Indonesia Geothermal Asociation (INAGA)). Pompa injeksi adalah salah satu dari sekian banyak peralatan yang digunakan dalam kegiatan geothermal pada PT.Geo Dipa Energi unit Dieng. Pompa ini berfungsi untuk menginjeksikan uap panas dan menginjeksikan kembali air hasil produksi (air terproduksi) ke dalam tanah. Karena peranannya yang cukup besar, maka untuk mengetahui performansi pompa injeksi dengan menggunakan suatu metode pengukuran performansi yang dikenal dengan nama Overall Equipment Effectiveness (OEE) dan menggunakan pendekatan multiple regression dan corelation analysis yang mana digunakan untuk mengetahui dan melihat hubungan liniearitas antara OEE dengan downtime dan standby time. Analisis hasil pencapaian OEE pompa vertikal 2 stage pada well pad 9 secara rata-rata sebesar 95.35 %, yaitu sudah mencapai standar JIPM (85 %). Kata kunci : Geothermal, OEE, multiple regression, corelation analysis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 09 Jan 2017 01:09
Last Modified: 09 Jan 2017 01:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10609

Actions (login required)

View Item View Item