PROYEKSI PERMINTAAN DAN PENENTUAN UKURAN UNIT PRODUKSI YANG OPTIMAL DENGAN METODE INTEGER LINEAR PROGRAMMING (Studi Kasus di Phia Deva, Sleman - Yogyakarta)

Prihastini, Yunita (2012) PROYEKSI PERMINTAAN DAN PENENTUAN UKURAN UNIT PRODUKSI YANG OPTIMAL DENGAN METODE INTEGER LINEAR PROGRAMMING (Studi Kasus di Phia Deva, Sleman - Yogyakarta). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

aat ini terdapat banyak UMKM yang berkembang di Yogyakarta. Salah satunya adalah usaha Phia Deva yang memproduksi penganan phia dengan berbagai macam varian rasa. Phia Deva adalah industri kecil yang bersifat Make to Stock yang belum didukung dengan perencanaan dan pengendalian produksi yang baik. Seringkali perusahan tidak memiliki gambaran yang tepat untuk memproduksi produk-produknya, sehingga membuat perusahaan sering tidak dapat memenuhi permintaan konsumen. Proyeksi permintaan perlu dilakukan untuk memberi gambaran akan permintaan konsumen dimasa yang akan datang dan dapat dibuat perencanaan produksi yang sesuai. Industri yang memproduksi lebih dari satu jenis produk harus melaksanakan perencanaan produksi untuk menentukan jumlah produk yang harus diproduksi sesuai dengan sumber daya yang tersedia. Kombinasi produk menimbulkan biaya produksi yang berbeda satu sama lainnya. Dengan metode optimasi Integer Linear Programming dapat diketahui tingkat produksi masingmasing jenis produk dengan memperhatikan batasan faktor-faktor produksi: tenaga kerja, bahan baku, dan sebagainya untuk mencapai tingkat biaya yang minimal. Hasil proyeksi dan optimasi dilakukan dengan software WinQsb. Total biaya produksi dan biaya simpan produk minimal yang akan dikeluarkan perusahaan adalah, untuk periode Maret 2012 sebesar Rp141.678.700,00, periode April 2012 sebesar Rp142.142.000,00, dan periode Mei 2012 sebesar Rp142.683.500,00. Kata Kunci: Proyeksi Permintaan, Optimasi, Integer Linear Programming.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 09 Jan 2017 00:57
Last Modified: 09 Jan 2017 01:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10606

Actions (login required)

View Item View Item