EVALUASI TINGKAT KESESUAIAN LAHAN UNTUK PERMUKIMAN PADA DAERAH RAWAN GERAKAN MASSA TANAH DI DESA NGANDONG DAN SEKITARNYA, KECAMATAN GANTIWARNO, KABUPATEN KLATEN, PROVINSI JAWA TENGAH

Kelana, Irsyan (2017) EVALUASI TINGKAT KESESUAIAN LAHAN UNTUK PERMUKIMAN PADA DAERAH RAWAN GERAKAN MASSA TANAH DI DESA NGANDONG DAN SEKITARNYA, KECAMATAN GANTIWARNO, KABUPATEN KLATEN, PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstract.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

INTISARI Meningkatnya kebutuhan akan lahan, sedangkan lahan terbatas menyebabkan terjadinya penggunaan lahan yang tidak sesuai dengan kemampuan lahannya. Terjadinya gerakan massa tanah dikawasan permukiman penduduk. Diperlukan evaluasi tingkat kesesuaian lahan permukiman. Penelitian dilakukan di Desa Ngandong dan sekitarnya, Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian lahan permukiman dan tingkat kerawanan gerakan masa tanah, serta arahan pengelolaan yang sesuai. Metode yang digunakan adalah metode survey dan pemetaan, metode tumpangsusun peta, dan metode pengharkatan. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan acuan peta satuan lahan. Parameter kerawanan gerakan masa tanah yang digunakan adalah curah hujan, kemiringan lereng, tekstur tanah, infiltrasi tanah, ketebalan tanah, pelapukan batuan, dan penggunaan lahan. Parameter tingkat kesesuaian lahan untuk permukiman antara lain kemiringan lereng, pontesi kembang kerut tanah (COLE), kedalaman air tanah dan gerakan massa tanah. Hasil penelitian yaitu daerah penelitian memiliki 3 kelas kerawanan gerakan masa tanah yaitu kelas kerawanan sedang (14,4 Ha atau 36,6 %), kelas kerawanan tinggi (seluas 9,7 Ha atau 24,7 %), dan kelas kerawanan sangat tinggi (seluas 15,2 Ha atau 38,7 %) dari total luas daerah penelitian. Tingkat kesesuaian lahan untuk permukiman di wilayah penelitian terbagi menjadi 4 kelas yaitu tingkat kesesuaian cukup sesuai (seluas 14,4 Ha atau 36,6 %), kelas sesuai marginal (seluas 4,9 Ha atau 12,5 %), kelas tidak sesuai saat ini (seluas 5,5 Ha atau 14 %), dan kelas tidak sesuai permanen (seluas 14,5 Ha atau 36,9 %). Arahan pengelolaan yang disarankan adalah pembuatan dinding penahan tanah tipe kantilever pada beberapa permukiman yang berada pada kelas kesesuaian sesuai marginal untuk permukiman, dan pembuatan teras individu pada penggunaan lahan berupa kebun pada zona kerawanan gerakan massa tanah sangat tinggi. Kata Kunci: Gerakan masa tanah, Kesesuaian Lahan, Permukiman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 06 Jan 2017 07:18
Last Modified: 06 Jan 2017 07:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10599

Actions (login required)

View Item View Item