PERANCANGAN ULANG MESIN PEMOTONG UMBI-UMBIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL PRODUKSI (Studi Kasus pada Home Industri Pembuatan Keripik di Pedukuhan Banguntapan, Bantul, Yogyakarta)

DWI NURJANI, DEDY (2012) PERANCANGAN ULANG MESIN PEMOTONG UMBI-UMBIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL PRODUKSI (Studi Kasus pada Home Industri Pembuatan Keripik di Pedukuhan Banguntapan, Bantul, Yogyakarta). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img] Text
abstract.pdf

Download (20kB)

Abstract

Salah satu hal yang esensial di bidang industri saat ini adalah kebutuhan akan penggunaan dan pengembangan teknologi di dalam industri. Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang untuk memperbaiki mesin pemotong umbi-umbian yang dapat meningkatkan produktivitas. Yaitu dengan penggantian dari energi manusia menjadi penggerak listrik. Hasil penelitian bahwa produkstivitas hasil pemotongan mesin lama sebesar 6,47, sedangkan untuk pemotongan mesin yang baru sebesar 8,48. Jadi ada peningkatan hasil pemotongan sebesar 2,01. Ini berarti dengan adanya perancangan ulang mesin pemotong umbiumbian dapat meningkatkan produktivitas. Hasil perncangan didapatkan dengan tinggi mesin 103 cm, lebar 26 cm dan panjang 38 cm. Saran untuk penelitian lebih lanjut dapat dilakukan dengan mengkombinasikan mesin pemotong dan mesin pengupas umbi-umbian, pisang sukun dll untuk memudahkan pekerja dalam pembuatan keripik. Kata kunci : perancangan ulang, hasil produksi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 06 Jan 2017 04:17
Last Modified: 06 Jan 2017 04:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10583

Actions (login required)

View Item View Item