PEMILIHAN ALTERNATIF LOKASI CABANG USAHA BARU UNTUK PERLUASAN DAERAH PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE ELECTRE DAN GPAP (Studi Kasus di Rumah Makan Ayam Taliwang Khas Lombok, Yogyakarta)

WIDYA JAYANTI, NOVA (2012) PEMILIHAN ALTERNATIF LOKASI CABANG USAHA BARU UNTUK PERLUASAN DAERAH PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE ELECTRE DAN GPAP (Studi Kasus di Rumah Makan Ayam Taliwang Khas Lombok, Yogyakarta). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img] Text
ABSTRAKSI_Electre dan GPAP.pdf

Download (37kB)

Abstract

Multi Criteria Decision Making (MCDM) merupakan pengambilan keputusan dengan banyak persyaratan sebagai pemrosesan dan tata cara untuk banyak tujuan yang dipersatukan dalam proses pengambilan keputusan. Ditinjau dari kegunaannya MCDM dapat difungsikan pada banyak permasalahan seperti pemilihan alternatif lokasi cabang usaha baru yang terbaik dengan berbagai macam kriteria yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan alternatif lokasi cabang usaha baru yang terbaik untuk Rumah Makan Ayam Taliwang Khas Lombok untuk memperluas daerah pemasaran dengan menggunakan Metode ELECTRE dan Metode GPAP. Metode ELECTRE merupakan salah satu metode pengambilan keputusan multikriteria berdasarkan pada konsep outranking dengan menggunakan perbandingan berpasangan dari alternatif-alternatif berdasarkan setiap kriteria yang sesuai. ELECTRE digunakan untuk kasus-kasus dengan banyak alternatif namun hanya sedikit kriteria yang dilibatkan. Sedangkan metode GPAP adalah salah satu metode MCDM yang menggabungkan prinsip dasar dari AHP (Analytic Hierarchy Process) dan PROMETHEE (Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation) yang menggunakan kriteria – kriteria sebagai permasalahannya. Dari hasil penelitian dengan menggunakan metode ELECTRE dan GPAP diperoleh hasil yang sama, alternatif lokasi terbaik yang digunakan sebagai lokasi cabang usaha baru untuk perluasan daerah pemasaran untuk Rumah Makan Ayam Taliwang adalah alternatif 1 yaitu alternatif lokasi usaha di Mergangsan, Kelurahan Condong Catur. Kata Kunci: Multi Criteria Decision Making, ELECTRE, GPAP, dan Penentuan lokasi usaha.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 06 Jan 2017 04:13
Last Modified: 06 Jan 2017 04:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10581

Actions (login required)

View Item View Item