PERAWATAN KOMPONEN SOLONOID VALVE MESIN PRESS LIEN CHIEH 2000 TON PADA DIVISI STAMPING TOOLS (Studi Kasus pada PT. Mekar Armada Jaya Magelang)

ISRAEL IMSULA, YAN (2012) PERAWATAN KOMPONEN SOLONOID VALVE MESIN PRESS LIEN CHIEH 2000 TON PADA DIVISI STAMPING TOOLS (Studi Kasus pada PT. Mekar Armada Jaya Magelang). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img] Text
_ xii _ Abstrak.pdf

Download (11kB)

Abstract

T. Mekar rmada Jaya merupakan industri karoseri terbesar di Indonesia. Sistem produksinya berdasarkan job shop atau pesanan. Oleh karena itu peralatan yang digunakan harus dalam kondisi yang bagus agar diperoleh kualitas produk yang baikdan tepat waktu. Dalam penelitian ini penulis mendapati sebuah permasalahan yang sangat penting yaitu tingkat kerusakan mesin yang cukup tinggi yang mengakibatkan banyaknya downtime yang terjadi dan terhentinya proses produksi. Dalam hal ini mesin yang mengalami banyak kerusakan adalah mesin Press Lien Chieh 2000 ton yang akan dijadikan pedoman sebagai penentuan komponen kritis untuk ditentukan tindakan perawatan pencegahannya. Ada tiga jenis komponen kritis yang akan dijadikan objek dalam penelitian ini yaitu komponen solonoid valve. Dari analisis keandalan, penulis memberikan usulan nilai keandalan lebih dari nilai 0,8. Perhitungan untuk melakukan penggantian pada masing-masing komponen agar mencapai nilai keandalan lebih dari 0,8 adalah untuk komponen solonoid valve t=336 jam dengan nilai keandalan sebesar 0,824949 dan peningkatan keandalan sebesar 24.5804% serta tingkat ketersediaan mencapai 99.7782%. Kata kunci : perawatan mesin, komponen kritis,keandalan mesin

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 06 Jan 2017 04:02
Last Modified: 06 Jan 2017 04:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10578

Actions (login required)

View Item View Item