EFIKASI HERBISIDA RINSKOR TM DAN HERBISIDA PEMBANDING TERHADAP GULMA, PERTUMBUHAN DAN HASIL PADI SAWAH (Oryza sativa L.)

SUBIYANTORO, TOTOK (2017) EFIKASI HERBISIDA RINSKOR TM DAN HERBISIDA PEMBANDING TERHADAP GULMA, PERTUMBUHAN DAN HASIL PADI SAWAH (Oryza sativa L.). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
4. JUDUL.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrakk.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstract english.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Produksi padi dunia menempati urutan ketiga dari semua serealia, setelah jagung dan gandum. Hal ini harus dicermati secara serius oleh pemerintah untuk terus menambah produksi beras nasional. Gulma merupakan salah satu faktor pembatas produksi tanaman padi. kompetisi dengan tanaman pokok dalam hal memperoleh air, cahaya matahari, dan utamanya unsur hara.Tujuan penelitian (1) Untuk menentukan dosis herbisida RINSKOR yang terbaik untuk mengendalikan gulma pada tanaman padi sawah. (2) Untuk menentukan pengaruh pertumbuhan dan hasil padi sawah dengan aplikasi herbisida RINSKOR. Tempat dan waktu penelitian ini dilakukan di lahan milik petani di desa Sanggrahan, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Penelitian yang dimulai dari bulan Mei 2016 sampai dengan Agustus 2016. Dengan jenis tanah Regosol dan ketinggian tempat 1700 Mdpl. Bahan dan Alat yang digunakan adalah TENANO 360SC 40 gr/ha, FILLIA 525 SC dosis 300 ml/ha. automatic spray dengan kapasitas tangki 15 liter, ember dan gayung untuk mencampur atau melarutkan herbisida, stopwatch, alat tulis, penggaris, timbangan analitis, kamera, kuadrat dll. Metode yang digunakan adalah percobaan lapangan dengan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) satu faktor, dengan 12 perlakuan. Petak percobaan seluas 4 m x 5 m dengan volume semprot 300 l/ha. (1) Perlakuan herbisida RINSKOR 25 EC dosis 600 ml/ha – 1000 ml/ha efektif dalam mengendalikan gulma mampu memberikan hasil lebih baik karena persentase pengendaliannya diatas 90 %. (2) Efikasi herbisida RINSKOR terhadap Tanaman padi tidak mengalami adanya gejala keracunan, pengamatan tingkat keracunan tanaman diamati pada 3,7,14 dan 28 HSA. Herbisida RINSKOR mampu memberikan pertumbuhan yang sama baiknya dengan pengendalian secara manual pada tinggi tanaman (cm) 28 HST, jumlah anakan dan jumlah malai perumpun sedangkan untuk hasil padi yaitu bobot gabah per petak (kg) dan bobot gabah per hektar (ton/ha). Kata Kunci : Padi, herbisida, gulma

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 06 Jan 2017 01:17
Last Modified: 06 Jan 2017 01:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10524

Actions (login required)

View Item View Item