APLIKASI MULTIMEDIA PENGENALAN BAHASA KOREA BAGI PEMULA

DEVIE, KIKY FRANSISKA (2012) APLIKASI MULTIMEDIA PENGENALAN BAHASA KOREA BAGI PEMULA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstract.pdf]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Dalam perkembangan globalisasi saat ini Korea memegang peranan penting kawasan
Asia, setelah Jepang dan Cina. Tidak hanya dalam bidang ekonomi dan politik, bahkan
dunia hiburan Korea pun telah mempengaruhi masyarakat Asia. Maraknya drama Korea,
boyband/girlband Korea, menjadikan masyarakat Asia, khususnya para kaum muda/remaja
untuk mencoba mengenal dan mempelajari bahasa Korea. Sehingga menjadikan bahasa
Korea sebagai salah satu bahasa yang paling banyak diminati untuk dipelajari. Di
Indonesia sendiri bahasa Korea menjadi salah satu aspek penting dalam kehidupan.
Terlihat dari beberapa perusahaan lokal yg bekerjasama dengan perusahaan asing asal
Korea yang mencantumkan bahasa Korea sebagai syarat dalam penerimaan kerja. Itu
menandakan bahwa penguasaan bahasa Korea menjadi nilai tambah tersendiri dalam
perluasan kesempatan kerja dan usaha, perluasan wawasan serta tingkatan kualitas diri. Hal
ini membuat masyarakat sendiri mulai untuk mengenal dan mempelajari bahasa Korea.
Untuk memudahkan mempelajari bahasa korea, maka dari itu dibuatlah sebuah metode
pembelajaran bahasa korea berbasis multimedia yang mudah dipahami dan menarik untuk
dipelajari.
Ada beberapa teknologi yang digunakan dalam pembuatan program ini diantaranya
Adobe Flash CS5, CorelDraw X5 yang digunakan saat menggambar objek huruf Hangeul,
Adobe Audition CS5 sebagai suatu sarana yang membantu programmer dalam editing
suara serta ActionScript 2.0 yang digunakan untuk mengontrol objek di flash untuk
membuat navigasi, tombol dan elemen interaktif lainnya serta membuat movie flash yaitu
movie yang mampu merespon perintah dari pengguna yang baik menggunakan keyboard
atau mouse, misalnya perintah untuk melompat ke bagian lain dari suatu movie dan
memindahkan objek.
Pembangunan software ini digunakan metode pengembangan multimedia. Inputan
hanya dilakukan oleh progammer saat pembuatan aplikasi. Inputan berupa gambar dari
huruf, kata sapaan (greetings) kalimat perkenalan diri (introducing), angka (numbers),
warna (colours) dan kata benda (nouns) yang biasa digunakan dalam kehidupan seharihari.
Pada pelafalan kata sapaan dan kalimat memperkenalkan diri digunakan tiga bahasa
sekaligus dalam implementasinya yaitu Inggris, Korea dan Indonesia. kosakata dalam
bahasa korea dan suara sedangkan pada pelafalan huruf-huruf Hangeul, aplikasi ini
menampilkan huruf Hangeul itu sendiri dan pelafalannya jika kita menekan tombol play
yang disediakan.

Abstract
In the development globalization, Korea's have an important role in Asia, after
Japan and China. Not only in the economics and politics, moreover Korean entertainment
have affected in Asia. The rise of Korean drama, Korean boyband / girlband, making Asia
society, especially young people / teenagers to know and learn Korean language. For that
reason making Korean language as one of the most popular languages to learn. In
Indonesia, Korean languages to be one important aspect of life. Visible from several local
companies who cooperate with foreign companies from Korea that includes the Korean
languages as a condition of employment. That suggests that the mastery of the Korean
language added value in the expansion of employment and business opportunities,
expansion of knowledge and quality of self. It makes themselves begin to know and learn
Korean languages. To make it easier to learn Korean languages, therefore programmer
made a method based on multimedia learning Korean language that user easy to
understand and interesting to learn.
The development software method is used multimedia development. Input is only
done by progammer when making an application. Progammer input an image of the letter,
word of greetings, introducing sentences, numbers, colors and nouns which is used in
everyday life. In the pronunciation of words and sentences introduced himself greeting
used three languages , namely the English, Korean and Indonesian. Korean language
vocabulary and pronunciation sound while Hangeul letters, this application displays itself
Hangeul letters and pronunciation if the user presses the play button provided. Korean
language vocabulary and pronunciation sound while Hangeul letters, this application
displays itself Hangeul letters and pronunciation if the user presses the play button
provided.
There are several technologies that are used in making this program such as Adobe
Flash CS5, CorelDraw X5 used when drawing objects Hangeul letters, Adobe Audition
CS5 as a tool that helps programmers in sound editing and ActionScript 2.0 which is used
to control objects in Flash to create navigation, buttons and other interactive elements and
create a flash movie that movie were able to respond to commands from the user either
using the keyboard or mouse, for example, the command to jump to another part of the
movie and move objects.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eko Suprapti
Date Deposited: 05 Jan 2017 07:25
Last Modified: 05 Jan 2017 07:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10515

Actions (login required)

View Item View Item