KENDALI GEOLOGI DAN MEKANISME SEDIMENTASI TERHADAP LAPISAN BATUBARA FORMASI MUARA-ENIM DAERAH BANKO BARAT PIT 1 DAN PIT 3 DAN SEKITARNYTANJUNG ENIM KECAMATAN LAWANG KIDUL, KABUPATEN MUARA-ENIM, PROVINSI SUMATERA SELATAN.

LARASATI WF, CICIH (2016) KENDALI GEOLOGI DAN MEKANISME SEDIMENTASI TERHADAP LAPISAN BATUBARA FORMASI MUARA-ENIM DAERAH BANKO BARAT PIT 1 DAN PIT 3 DAN SEKITARNYTANJUNG ENIM KECAMATAN LAWANG KIDUL, KABUPATEN MUARA-ENIM, PROVINSI SUMATERA SELATAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SARI.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Lokasi penelitian berada di IUP PT. Bukit Asam (Persero), Tbk. yang terletak di daerah Banko Barat, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara-Enim, Provinsi Sumatera Selatan. Secara geografis berada pada 366792mE-371788mE (South-East) dan 9584865mN-9581231mN. Luas daerah penelitian 3 km x 3,5 km dengan skala 1:10.000 Metodologi yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahapanyaitu: akuisisi, analisa, dan sintesa. Akuisisi merupakan tahapan perolehan data yangterdiri dari studi pustaka regional, pemetaan geologi permukaan, dan beberapa datasekunder. Analisis merupakan tahapan pemprosesan data terhadap hal yangmenyangkut geologi dan mekanisme sedimentasi daerah penelitian, dan tahap sintesis adalah menyimpulkan dari berbagai analisa tersebut dan mewujudkan dari tujuan yangingin dicapai. Berdasarkan aspek-aspek geomorfologi daerah penelitian dibagi menjadi 3 bentukan asal dan empat bentuklahan, yaitu: a. Bentukan asal struktural terdiri atas satuan bentuklahan perbukitan homoklin (S1). b. Bentukan asal fluvial dengan satuan bentuklahan tubuh sungai (F1) dan dataran limpah banjir (F2). c. Bentuk asal buatan manusia dengan satuan bentuklahan lembah bukaan tambang (A1). Berdasarkan aspekaspek stratigrafi daerah penelitian dapat dikelompokkan menjadi 3 satuan batuan tak resmi. Dari tua ke muda yaitu Satuan batupasir glaukonit Muara-Enim, Satuan batulempung Muara-Enim, Satuan batupasir Muara-Enim. Berdasarkan aspek-aspek struktur geologi yang berkembang pada daerah penelitian terdapat beberapa sesar-sesar minor yaitu Normal Left Slip Fault, Right Normal Slip Fault, Normal Right Slip Fault Mekanisme sedimentasi satuan batupasir Muara-Enim diendapkan pada bagian upper delta plain yang terdiri atas: channel, floodplain, backswamp dan levee.Satuan batulempung Muara-Enim diendapkan pada bagian transitional lower delta plainpada lingkingan ini terjadi fase regresi yang dimana terdapatnya batubara yang terendapkan pada kondisi anaeorob yang terdiri atas: interdistributary bay, swamp, channeldan crevasse splay. Terjadi proses trangresi yang ditandai oleh hadirnya batupasir glaukonit yang diendapkan pada lingkungan lower delta plain yang terdiri atas: distal bar, distributary mouth bar, intedistributary baydan crevasse splay.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 05 Jan 2017 06:39
Last Modified: 05 Jan 2017 06:39
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10506

Actions (login required)

View Item View Item