GEOLOGI DAN PERHITUNGAN SUMBERDAYA BATUBARA DAERAH SUMBER GARUNGGUNG DAN SEKITARNYA, KECAMATAN DUSUN TENGAH, KABUPATEN BARITO TIMUR PROPINSI KALIMANTAN TENGAH

Andrianto, M Rozani Angga (2017) GEOLOGI DAN PERHITUNGAN SUMBERDAYA BATUBARA DAERAH SUMBER GARUNGGUNG DAN SEKITARNYA, KECAMATAN DUSUN TENGAH, KABUPATEN BARITO TIMUR PROPINSI KALIMANTAN TENGAH. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SARI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

SARI Secara administrasi daerah penelitian berlokasi di Desa Sumber Garunggung. Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. Secara geografis daerah survei geologi terletak pada zone -50 UTM (Universe Transverse Mercator), posisi koordinat 304500 - 306000 mE dan 9801500 - 9803500 mN dengan luas daerah penelitian ± 300 ha. Daerah penelitian dibagi menjadi 2 bentukan asal dan 4 bentuk lahan yaitu : a. Bentukan asal fluvial terdiri dari Subsatuan Geomorfik Tubuh Sungai (F1) dan SubSatuan Geomorfik dataran Aluvial (F2). b. Bentukan asal Struktural (S) terdiri satuan bentuk lahan perbukitan homoklin (S1) dan satuan bentuk lahan lembah homoklin (S2). Satuan geomorfik bentukan asal fluvial dikontrol oleh adanya proses pengerosian, sehingga dengan adanya proses erosi, maka akan dihasilkan bentukan morfologi yang mencirikan adanya proses erosi yang bekerja pada daerah tersebut. Pada satuan geomorfik bentukan asal fluvial, litologi disusun oleh material lepas hasil rombakan batuan disekitarnya yang berukuran lempung, pasir, hingga kerikil. Pola pengaliran yang berkembang pada daerah penelitian yaitu Dendritik. Satuan geomorfik bentukan asal stuktural dikontrol oleh struktur lipatan berupa antiklin. Pada daerah penelitian, didapatkan tiga satuan batuan yaitu Satuan batupasir Montalat berumur Oligosen Awal - Miosen Awal yang diendapkan pada lingkungan laut dangkal, Satuan batulempung Montalat berumur Oligosen Awal - Miosen Awal yang diendapkan pada lingkungan laut dangkal. Satuan endapan aluvial berumur Holosen. Struktur geologi yang berkembang pada daerah penelitian adalah lipatan yang berupa antiklin. Hasil perhitungan sumberdaya batubara untuk daerah penelitian PT. COALINDO UTAMA berdasarkan metode penampang sejauh 150m searah down dip adalah 275.002,443Ton.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 05 Jan 2017 03:19
Last Modified: 05 Jan 2017 03:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10483

Actions (login required)

View Item View Item