SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN RUMAH SEHAT BERBASIS WEB MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY (Studi Kasus: Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta)

Kurnia, Dewi Asih (2012) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN RUMAH SEHAT BERBASIS WEB MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY (Studi Kasus: Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
v ABSTRAK.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan atau biasa disingkat dengan P2PL merupakan salah satu bidang dari Dinas Kesehatan Yogyakarta yang mempunyai beberapa tugas pokok, diantaranya adalah melakukan survey ke rumah penduduk dan menentukan rumah-rumah penduduk sesuai kriteria rumah sehat, guna menentukan kebijakan selanjutnya. Oleh karena itu, untuk membantu dalam menentukan rumah sehat berdasarkan kriteria yang ada maka diperlukan sistem pendukung keputusan untuk mempermudah kerja pegawai P2PL. Pengembangan sistem tersebut menggunakan metode Waterfall yang terdiri dari Rekayasa, Analisis, Perancangan, Implementasi, Pengujian dan Pemeliharaan. Metode yang digunakan dalam menentukan rumah sehat adalah Logika Fuzzy yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu Pembentukan Himpunan Fuzzy, Aplikasi Fungsi Implikasi, Komponen Aturan dan Penegasan (Defuzzy). Kriteria yang digunakan, antara lain: Komponen Rumah, Sarana Sanitasi dan Perilaku Penghuni. Input ke sistem berupa detail komponen rumah, sarana sanitasi dan perilaku penghuni, output berupa keputusan sehat atau tidak keadaan suatu rumah beserta nilai keanggotaannya. Tools yang digunakan adalah bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai basis data. Pengguna sistem ini adalah Administrator. Sistem Pendukung Keputusan tersebut sekaligus dapat mencetak file laporan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eko Suprapti
Date Deposited: 05 Jan 2017 02:09
Last Modified: 05 Jan 2017 02:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10479

Actions (login required)

View Item View Item