APLIKASI PENENTUAN WAKTU PENYELESAIAN ORDER DENGAN METODE EPQ (ECONOMIC PRODUCTION QUANTITY) (Studi kasus pada PT. Buana Multi Pratama)

Lathifah, Dhewi (2013) APLIKASI PENENTUAN WAKTU PENYELESAIAN ORDER DENGAN METODE EPQ (ECONOMIC PRODUCTION QUANTITY) (Studi kasus pada PT. Buana Multi Pratama). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT. Buana Multi Pratama adalah salah satu perusahaan meubel ukir yang berada di daerah Jepara Jawa Tengah yang menyediakan berbagai macam furniture perabotan rumah. Salah satu masalah pada perusahaan adalah menentukan waktu penyelesaian order produksi furniture disaat permintaan customer terus bertambah. Hal ini disebabkan kebutuhan pasar yang meningkat tetapi waktu penyelesaian produksi masih belum maximal. Melihat hal tersebut, perusahaan dirasa membutuhkan suatu sistem yang relevan dengan kebutuhan perusahaan dalam aktivitas order pengendalian produksi. Dengan adanya sistem pendukung keputusan ini diharapkan dapat membantu kinerja perusahaan khususnya pada bagian penjualan untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu pesanan produk yang dikerjakan tersebut selesai, sehingga pihak perusahaan dapat memberikan kepastian selesainya pesanan kepada customer. Aplikasi ini dibuat untuk menentukan nilai waktu optimal berdasarkan siklus produksi optimal dan volume produksi optimal dan variable input yang telah ditentukan seperti jenis produk, penjualan, permintaan,biaya, proses produksi dan bahan baku dengan menggunakan metode Economic Production Quantity (EPQ). EPQ merupakan metode untuk menentukan waktu optimal penyelesaian order antara waktu siklus produksi, sehingga diketahui waktu optimal yang tepat dari perhitungan volume produksi dan siklus produksi optimal. Metode pengembangan sistemnya adalah Software Development Life Cycle. Tujuan dari pembuatan Aplikasi ini membuat keputusan waktu penyelesaian order yang mengambil permasalahan PT. Buana Multi Pratama dalam penentuan waktu penyelesaian order dan studi kasus di perusahaan yaitu untuk memudahkan pengontrolan jenis produk yang siap diambil customer. Dalam pembuatan aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySql sebagai databasenya, untuk layout dan desain menggunakan Macromedia Dreamweaver dan Adobe Photoshop. Kata kunci : Aplikasi, metode Economic Production Quantity ( EPQ ), Order

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eko Suprapti
Date Deposited: 05 Jan 2017 01:56
Last Modified: 05 Jan 2017 01:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10476

Actions (login required)

View Item View Item