GEOLOGI DAN ANALISA LINGKUNGAN PENGENDAPAN FORMASI BATURAJA LAPANGAN “GUNTUR”,CEKUNGAN JAWA BARAT UTARA BERDASARKAN DATA SEISMIK, DATA CORE DAN DATA LOG

HADIPRANOTO, BANI KURNIAWAN (2017) GEOLOGI DAN ANALISA LINGKUNGAN PENGENDAPAN FORMASI BATURAJA LAPANGAN “GUNTUR”,CEKUNGAN JAWA BARAT UTARA BERDASARKAN DATA SEISMIK, DATA CORE DAN DATA LOG. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
halaman pengesahan 1.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

SARI Lapangan “GUNTUR” terletak di cekungan Jawa Barat Utara, merupakan salah satu lapangan yang menghasilkan minyak yang cukup besar dan dioperasionalkan oleh PT. Pertamina EP. Asset 3. Lapangan “GUNTUR” memiliki luasan area sebesar 10x15 km. Dalam melakukan penelitian ini menggunakan metode stratigrafi dengan berdasarkan data sekunder. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui geologi bawah permukaan dan mengidentifikasi fasies serta lingkungan pengendapan pada lapangan “GUNTUR”. Penelitian dilakukan dengan Metode deskriptif dengan 4 tahapan utama yaitu pertama, tahap pendahuluan berupa studi referensi lapangan penelitian. Kedua, tahap pengumpulan data berupa data seismik, data core, dan data log. Ketiga, tahap pengolahan data yaitu melakukan interpretasi data seismik, analisis inti batuan(core), korelasi litofasies, pembuatan peta depth slice. Keempat, tahap penyusunan laporan. Berdasarkan hasil analisis data yang didapatkan litologi penyusun Formasi Baturaja Pada Lapangan “GUNTUR” berupa perselingan antara packstone dan wackestone. Tahap awal adalah analisis log sumur yang dilakukan deskripsi petrografi, kemudian dari hasil tersebut kita tarik korelasi dari sumur kunci yaitu sumur “GUNTUR 13”. Berdasarkan interpretasi dan analisis data well log dan seismik, diketahui fasies batuan karbonat yang berkembang pada lapangan ini adalah fasies packstone dan fasies Wackestone. Jenis litologi tersebut didapat dari data petrografi yang dianggap mewakili daerah tersebut. Lingkungan pengendapannya yaitu Shallow Marine Dan tipe platformnya yaitu unrimmed platform. Kata Kunci: Fasies, Lingkungan Pengendapan, Formasi Baturaja, Cekungan Jawa Barat Utara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 05 Jan 2017 01:56
Last Modified: 05 Jan 2017 01:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10475

Actions (login required)

View Item View Item