engaruh Pemberian Mikoriza Vesikular Arbuskular (MVA) pada Berbagai Dosis Pupuk Kompos Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sorgum (Shorgum bicolor (L.) Moench

MARANATA JAYANEGARA, CANDRA (2011) engaruh Pemberian Mikoriza Vesikular Arbuskular (MVA) pada Berbagai Dosis Pupuk Kompos Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sorgum (Shorgum bicolor (L.) Moench. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
CANDRA MARANATA JAYANEGARA.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Tanaman Sorgum (Shorgum bicolor (L.) Moench) merupakan tanaman yang sangat berpotensi untuk dikembangkan karena dapat menjadi salah satu tanaman yang mampu memenuhi kebutuhan pangan, industri dan sumber energi. Biji sorgum dapat digunakan sebagai bahan pangan serta bahan baku industri pakan ternak dan pangan seperti industri gula, MSG, asam amino dan industri minuman. Selain itu, batang sorgum mempunyai potensi sebagai bahan baku bioetanol yangpotensial untuk dikembangkan di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan dosis pupuk kompos yang paling tepat pada pemberian Mikoriza Vesikular Arbuskular untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman sorgum. Penelitian dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta . Metode penelitian yang digunakan adalah metode percobaan lapangan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah pemberian inokulan Mikoriza Vesikuler Arbuskular (MVA) yang terdiri atas 2 aras yaitu 0 gram/lubang tanam dan 10 gram/lubang tanam. Faktor kedua adalah macam dosis pupuk kompos terdiri atas 4 aras yaitu dosis pupuk kompos 0 ton/ha, dosis pupuk kompos 1 ton/ha, dosis pupuk kompos 2,5 ton/ha dan dosis pupuk kompos 5 ton/ha. Setiap kombinasi perlakuan diulang 3 kali setiap ulangan terdiri atas 10 polybag. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pemberian Mikoriza Vesikular Arbuskular 10 gram/polibag (M1) merupakan perlakuan yang paling baik untuk diaplikasikan. Hal ini ditunjukkan pada parameter tinggi tanaman umur 2 mst, 4 mst dan saat berbunga, jumlahdaun umur 4 mst, dan 6 mst, bobot kering brangkasan, bobot segar akar, bobot malai, bobot biji per tanaman, kadar gula total dan serapan P pada batang . Perlakuan macam dosis pupuk kompos 2,5 ton/ha merupakan dosis kompos yang paling baik. Halini ditunjukkan pada parameter tinggi tanaman umur 2 mst dan 4 mst, jumlah daun umur 2 mst 4 mst dan 6 mst, bobot kering brangkasan, bobot segar akar, bobot malai, bobot biji per tanamandan kadar gula total. Terdapat interaksi dalam perlakuan perlakuan pemberian Mikoriza Vesikular Arbuskular 10 gram/polibag dan macam dosis pupuk kompos 2,5 ton/ha (P2) terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sorgum (Shorgum bicolor (L.) Moench). Perlakuan perlakuan pemberian Mikoriza Vesikular Arbuskular 10 gram/polibag (M1) menghasilkan tinggi tanaman umur 2 dan 4 mst, jumlah daun 4 dan 6 mst, berat kering brangkasan, berat segar akar, bobot malai, bobot biji per tanaman dan kadar gula total yang lebih baik pada macam dosis pupuk kompos 2,5 ton/ha (P2).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 04 Jan 2017 08:28
Last Modified: 04 Jan 2017 08:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10462

Actions (login required)

View Item View Item