ANALISIS PENGARUH CASH POSITION, DEBT TO EQUITY RATIO, DAN RETURN ON ASSETS, TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO. (Studi Pada Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2013)

RATRI, ANINDYA DRAJAD RUKMA (2017) ANALISIS PENGARUH CASH POSITION, DEBT TO EQUITY RATIO, DAN RETURN ON ASSETS, TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO. (Studi Pada Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2013). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HAL PENGESAHAN.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel cash position (CP), debt to equity ratio (DER), dan return on asset (ROA) terhadap dividend payout ratio (DPR) pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang listed di BEI periode 2010-2013. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan criteria seluruh perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010 sampai dengan 2013, dan perusahaan yang membagikan dividen kepada pemegang sahamnya. Data diperoleh berdasarkan publikasi Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Diperoleh jumlah sampel sebanyak 59 perusahaan dari 131 perusahaan yang terdaftar di BEI. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dan uji hipotesis menggunakan uji statistik t untuk menguji koefisien regresi parsial serta uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa variabel CP dan DER terbukti berpengaruh negatif dan signifikan terhadap DPR, dan ROA bengaruh negatif tidak signifikan terhadap DPR pada level of significance lebih dari 5%. Sedangkan secara bersama-sama (CP, DER, dan ROA) terbukti signifikan berpengaruh terhadap DPR pada level kurang dari 5%. Kemampuan prediksi dari ketiga variabel tersebut terhadap DPR sebesar 12,2% sebagaimana ditunjukkan oleh besarnya adjusted R square sebesar 12,2% sedangkan sisanya 87,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian ini. Kata Kunci: Cash Position (CP), Debt to Equity Ratio (DER), Return on Asset (ROA), dan Dividend Payout Ratio (DPR).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 04 Jan 2017 03:13
Last Modified: 04 Jan 2017 03:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10430

Actions (login required)

View Item View Item