Pengaruh Pemberian Beberapa Jenis Pupuk Kandang dan Frekuensi Pemberian Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kacang Merah (Phaseolus vulgaris L.)

Tunggal Ahmanudin, Agus (2014) Pengaruh Pemberian Beberapa Jenis Pupuk Kandang dan Frekuensi Pemberian Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kacang Merah (Phaseolus vulgaris L.). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Kacang merah mempunyai nama ilmiah yang sama dengan kacang buncis yaitu Phaseolus vulgaris L. Penggunaan pupuk kimia dan pestisida kimia yang berlebih dapat mengakibatkan penurunan tingkat kesuburan lahan. Salah satu upaya meningkatkan hasil kacang merah dan meningkatkan kesuburan lahan adalah pemberian pupuk kandang dan Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR). Penelitian bertujuan untuk memperoleh jenis pupuk kandang dan frekuensi aplikasi PGPR yang paling baik untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman kacang merah (Phaseolus vulgaris L). Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) yang disusun secara faktorial dengan dua faktor dan tiga kali ulangan. Faktor pertama jenis pupuk kandang, yang terdiri atas pupuk kandang sapi 20 ton/ha (P1), pupuk kandang kambing 20 ton/ha (P2) dan pupuk kandang ayam 20 ton/ha (P3). Faktor kedua adalah frekuensi pemberian PGPR, yang terdiri atas 1 minggu sekali(F1), 2 minggu sekali (F2) dan 3 minggu sekali (F3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara perlakuan pemberian jenis pupuk kandang dan frekuensi pemberian PGPR. Pemberian pupuk kandang ayam 20 ton/ha memberikan hasil terbaik pada parameter tinggi tanaman 4 mst, volume akar 9 mst, panjang polong, bobot biji per tanaman, dan bobot biji per petak sampel. Pemberian PGPR frekuensi 2 minggu sekali (F2) memberikan hasil terbaik pada tinggi tanaman 4 mst, volume akar 9 mst, jumlah polong per tanaman, panjang polong, bobot polong per tanaman, jumlah biji per polong

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 03 Jan 2017 07:54
Last Modified: 03 Jan 2017 07:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10399

Actions (login required)

View Item View Item