PENGARUH PEMBERIAN MACAM MULSA ORGANIK DAN DOSIS PUPUK KCl TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt.)

ANWAR, SYAIFUL (2014) PENGARUH PEMBERIAN MACAM MULSA ORGANIK DAN DOSIS PUPUK KCl TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays saccharata Sturt.). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Tanaman jagung manis banyak di tanam di Indonesia karena memiliki kegunaan yaitu sebagai bahan pangan, pakan dan bahan baku industri. Budidaya jagung manis di daerah tropis sering mengalami kendala, salah satunya penanaman di lahan dengan tingkat kesuburan yang rendah dan minimnya unsur hara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian mulsa organik dan berapa dosis pupuk KCl yang tepat terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis (Zea mays saccharata Sturt.). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei – Juli 2015 di kebun Praktek Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) yang disusun secara faktorial dengan dua faktor dan tiga kali ulangan. Faktor pertama macam mulsa, yang terdiri atas mulsa jerami, mulsa serasah tebu dan mulsa serasah salak. Faktor kedua adalah dosis pupuk kalium, yang terdiri atas KCl 50 kg/ha, KCl 100 kg/ha dan KCl 150 kg/ha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara perlakuan pemberian macam mulsa dan dosis pupuk KCl. Pemberian mulsa jerami memberikan pengaruh terbaik pada pertumbuhan diameter batang, berat brangkasan dan hasil terbaik pada panjang tongkol, bobot tongkol g/petak sampel (1,5 m 2 ), bobot tongkol per tanaman. Pemberian dosis pupuk KCl 150 kg/ha memberikan pengaruh terbaik terhadap kadar gula jagung manis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 03 Jan 2017 07:20
Last Modified: 03 Jan 2017 07:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10391

Actions (login required)

View Item View Item