APLIKASI KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA-INGGRIS BERBASIS PONSEL ANDROID

MAULANI, AHSAN (2013) APLIKASI KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA-INGGRIS BERBASIS PONSEL ANDROID. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Bahasa dalam berkomunikasi sehari-hari, merupakan salah satu alat yang paling sering digunakan, baik bahasa lisan atau bahasa tulis merupakan penghubung saat berdialog atau memberikan suatu pengertian dalam berkomunikasi. Sehingga bahasa merupakan kebutuhan pokok yang harus dimiliki, agar tercipta kepahaman antar individu saat berkomunikasi. Kamus besar bahasa Indonesia merupakan salah satu media pendukung dalam berkomunikasi yang berisikan kosakata serta arti atau maksud dari kosakata yang disampaikan. Beberapa fisik dari kamus sendiri memiliki fisik yang besar tidak terkecuali kamus besar bahasa Indonesia. Jika terjadi seperti itu, maka kurangnya efektifitas dalam penggunaan kamus tersebut padahal sangat diperlukan media pendukung tersebut dalam berkomunikasi ataupun dalam penyusunan karya ilmiah. Salah satu cara untuk merampingkan ukuran dari fisik kamus yang besar itu dengan memasukkan ke dalam alat komunikasi seperti ponsel, salah satu ponsel yang sedang naik daun adalah android, diduk ung dengan kelebihan android lainya juga. Metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah metode GRAPPLE (Guidelines for Rapid APPLication Engineering). Langkah-langkah yang dilakukan adalah melakukan analisis kebutuhan terhadap pengguna dan sistem, melalukan perancangan untuk mewujudkan analisis yang di peroleh, membangun aplikasi yang telah dirancang dan melakukan pengujian pada aplikasi tersebut. Fitur-fitur pada aplikasi yaitu melakukan pencarian secara manual atau menggunakan suara, selain itu aplikasi ini memberikan hasil arti dari kosakata yang dicari dwibahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Di dalam aplikasi ini pun terdapat server untuk menampung basis data, di dalam server dijalankan oleh admin yang bias melakukan pengolahan data, seperti tambah, edit, dan hapus . Aplikasi ini dibangun menggunakan SDK Android, eclipse dan dreamweaver sebagai compiler, lalu bahasa pemrograman yang di gunakan JAVA, XML, dan PHP sebagai server, dan ponsel android sebagai alat pendukung. Aplikasi ini dapat melakukan pencarian kosakata secara manual yaitu dengan diketik di keypad atau pencarian menggunakan pendeteksian suara. Selain itu untuk admin bias melakukan pengolahan data kosakata seperti tambah,edit, dan hapus. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat mendukung pengguna dalam berkomunikasi ataupun penyusunan karya ilmiah lebih efektif dan efesien.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 03 Jan 2017 07:10
Last Modified: 03 Jan 2017 07:10
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10382

Actions (login required)

View Item View Item