KUMALA, DEVIKA (2012) PENGEMBANGAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT UNTUK DOMINATED SERVICE INDUSTRY (QFDS). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
Abstrak.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Paradigma industri telah bergeser dengan tidak hanya fokus menghasilkan
barang tetapi juga memperhatikan pentingnya jasa. Salah satunya adalah industri
barang dan jasa terintegrasi dimana jasa lebih mendominasi (Integrated Product Service
System in which Service is Dominating, IPSd). Quality Function Deployment (QFD)
konvensional, yang biasa digunakan sebagai salah satu tool untuk menyusun strategi
peningkatan mutu industri manufaktur tidak bisa langsung digunakan dalam IPSd. Oleh
karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model QFD yang dapat
digunakan dalam IPSd, yang selanjutnya diberi nama QFDS.
QFDS dilakukan dengan memodifikasi QFD konvensional khususnya pada
penyusunan House of Quality (HoQ). Perbedaan utama HoQ untuk QFDS dan HoQ
untuk QFD konvensional adalah disamping suara konsumen juga dipertimbangkan suara
stakeholder serta diakomodasikannya Service Productivity Index (SPI) yang
merepresentasikan kinerja sistem. Aspek yang dipertimbangkan mengacu pada servqual,
meliputi reliability, tangible, responsiveness, empathy, dan assurance.
QFDS yang dikembangkan telah diimplementasikan pada restoran Pondok
Makan Pelem Golek, khususnya pada tahap penyusunan HoQ. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa strategi yang memerlukan biaya tinggi tidak selalu memberikan
dampak yang besar terhadap customer satisfaction dan menghasilkan SPI yang lebih
baik. QFDS dapat diterapkan pada sistem IPSd yang lain, seperti rumah sakit, agen iklan,
dan jasa konsultan. Secara umum, hal yang perlu diperhatikan dalam implementasi
QFDS adalah pemilihan atribut yang akan digunakan sebagai dasar penyusunan matriks
Voice of Customer (VoC) dan Voice of Stakeholder (VoSt) serta peningkatan SPI yang
akan diperoleh sebagai hasil implementasi strategi yang dipilih yang diestimasi
berdasarkan ekspektasi peningkatan customer satisfaction dan cost and revenue ratio.
Kata kunci: QFD, HoQ, rumah makan, product service system, IPSd, service productivity
index, QFDS
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Eko Suprapti |
Date Deposited: | 29 Dec 2016 06:22 |
Last Modified: | 29 Dec 2016 06:22 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10309 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |