APLIKASI LIVE SCORE SEPAKBOLA LIGA INDONESIA BERBASIS MOBILE ANDROID

Wibowo, Aldi Satriani (2013) APLIKASI LIVE SCORE SEPAKBOLA LIGA INDONESIA BERBASIS MOBILE ANDROID. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Olahraga sepakbola sejak dahulu sampai sekarang merupakan olahraga yang paling digemari oleh seluruh lapisan masyarakat di penjuru dunia. Di hampir seluruh negara memiliki liga yang menaungi setiap klub sepakbolanya. Seperti Spanyol dengan BBVA, Inggris dengan Barclays Premiereship League dan lain sebagainya. Begitu pula dengan Indonesia yang juga memiliki Liga Indonesia (Liga Super Indonesia dan Liga Primer Indonesia) yang menyajikan pertandingan antar klub sepakbola dari seluruh Indonesia. Banyak orang yang ingin mengetahui informasi terkini mengenai update score disaat pertandingan berlangsung, klasmen sementara dan jadwal pertandingan. Namun permasalahan yang terjadi yaitu informasi ini seringkali terhambat penyampaiannya karena user tidak sempat menonton, karena sedang dalam perjalanan atau terbatasnya akses media seperti televisi, tabloid atau majalah olahraga. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Grapple yang meliputi tahap requirement gathering, analysis, design, development dan deployment atau tahap penyebaran. Sistem ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dan xml , MySQL sebagai media penyimpanan data dan Eclipse yang digunakan sebagai tool untuk membangun Aplikasi Live Score Sepakbola Liga Indonesia Berbasis Mobile Android. Sistem Aplikasi Live Score Sepakbola Liga Indonesia Berbasis Mobile Android menggunakan prinsip client-server dimana client akan mengakses data menggunakan mobile phone berbasis android, sedangkan server akan menggunakan aplikasi berbasis web. Komunikasi antara client dan server dilakukan melalui koneksi internet. User dapat melihat perkembangan liga di Indonesia yang meliputi jadwal pertandingan disetiap liga ISL (Indonesian Super League) dan IPL (Indonesian Premier League), informasi detail pertandingan langsung atau yang bisa disebut dengan istilah live score yang meliputi data goal, data pencetak goal, dan data pelanggaran yang terdiri dari kartu kuning dan kartu merah, daftar team yang berlaga pada setiap liga, daftar pemain dari setiap team, daftar pencetak top score, dan data klasmen pada setiap musim yang berlangsung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 29 Dec 2016 02:38
Last Modified: 29 Dec 2016 02:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10296

Actions (login required)

View Item View Item