APLIKASI PREDIKSI PENJUALAN JERUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINIER SEDERHANA DAN MOVING AVERAGE (Studi Kasus UD. Buah Alam, Giwangan, Yogyakarta)

Padmada, Aji (2013) APLIKASI PREDIKSI PENJUALAN JERUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINIER SEDERHANA DAN MOVING AVERAGE (Studi Kasus UD. Buah Alam, Giwangan, Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK UD. Buah Alam merupakan sebuah usaha dalam bidang perdagangan buah yang ada di pasar induk buah dan sayur giwangan Yogyakarta. Mayoritas buah yang dipasok di UD Buah Alam mengikuti musim buah dan mengikuti prediksi penjualan buah ke depan, khusus untuk buah jeruk lebih dominan selalu ada karena UD Buah Alam terkenal dengan spesialis buah Jeruk. Perencanaan dan analisa kebutuhan pasar yang tepat dan efisien apabila dikelola secara optimal akan dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan tujuan perusahaan. Data transaksi yang sudah ada selama ini belum dapat digunakan secara optimal untuk dijadikan acuan dalam perencanaan dan analisa kebutuhan pasar. Perusahaan ini membutuhkan sebuah alat bantu untuk memprediksi penjualan yang terjadi di masa depan. Pada penelitian ini telah dibuat aplikasi prediksi penjualan buah jeruk. Dengan memanfaatkan data-data penjualan buah jeruk, diharapkan dapat menghasilkan informasi dan prediksi tentang penjualan buah jeruk dengan teknik peramalan. Metode yang digunakan adalah algoritma Regresi Linier Sederhana dan Moving Average, Informasi yang ditampilkan berupa data hasil penjualan buah jeruk dan prediksi penjualan buah jeruk untuk masa depan. Metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah GRAPPLE (Guidelines for Rapid APPlication Enggineering). Tugas akhir ini menghasilkan sebuah aplikasi prediksi penjualan buah jeruk menggunakan metode regresi linier sederhana dan moving average (studi kasus UD. Buah Alam). Aplikasi ini terdiri dari dua pengguna dengan hak akses yang berbeda, admin dapat mengakses seluruh menu dalam aplikasi sedangkan pemilik toko tidak dapat mengakses olah data. Aplikasi ini telah diuji coba dengan membandingkan nilai prediksi dengan hasil nyata, dan telah dpat disimpulkan hasil uji coba sudah mendekati hasil nyata. Maka aplikasi dapat memenuhi kebutuhan dari pemilik UD. Buah Alam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eko Suprapti
Date Deposited: 29 Dec 2016 02:17
Last Modified: 29 Dec 2016 02:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10294

Actions (login required)

View Item View Item