SISTEM INFORMASI PENGIRIMAN CARGO PADA JASA PENGIRIMAN PAKET BERBASIS WEB

Darmawan, Adam Mukholiq (2013) SISTEM INFORMASI PENGIRIMAN CARGO PADA JASA PENGIRIMAN PAKET BERBASIS WEB. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi yang semakin pesat mempengaruhi perusahaan penyedia jasa dalam meningkatkan pelayanannya. Salah satunya adalah pada jasa pengiriman. Peran jasa pengiriman cargo/barang sangatlah penting sebab dapat membantu mengirimkan barang ke tempat tujuan. Dalam pengiriman barang atau paket, terkadang barang tidak diketahui apakah sedang dalam perjalanan atau sudah tiba di tempat tujuan, hal inilah yang memberi rasa khawatir bagi konsumen atau pemakai jasa. Selain itu dalam menentukan biaya harus disesuaikan dengan faktor kesulitan seperti jarak pengiriman yang dituju, jenis barang dan berat barang yang dikirim. Sehingga diperlukan aplikasi/sistem informasi untuk memudahkan konsumen dalam mengirimkan barang dan memberi rasa aman dalam pengiriman barang. Metodologi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi/sistem ini adalah dengan menggunakan metode WATERFALL. Langkah-langkah yang dilakukan dengan membuat perencanaan sistem yang akan dibuat, menganalisis permasalahan yang ada, melakukan perancangan sistem, mengimplementasikan sistem yang telah dibuat, melakukan pengujian terhadap sistem tersebut, dan memelihara sistem yang dibuat. Tetapi dalam sistem ini hanya sampai pada tahap pengujian. Fitur-fitur dalam sistem dapat menginformasikan keberadaan barang yang dikirim. Sistem informasi ini dibangun menggunakan framework Codeigniter 2.0 sebagai bahasa pemrogramannya dan Adobe Dreamweaver 5 sebagai editor serta MySql sebagai database. Sistem informasi ini terdiri dari admin, staff loket, dan customer. Admin bertanggung jawab atas staff loket di tiap cabangnya. Dan staff loket bertugas melayani konsumen dalam melakukan transaksi dan menerima barang dari kiriman cabang loket. Sistem ini memanfaatkan internet dalam penerapannya. Pemakaian sistem informasi pengiriman cargo pada jasa pengiriman paket ini memanfaatkan nomor resi dalam pencarian lokasinya. Selain itu konsumen juga dapat memperkirakan biaya dari barang yang akan dikirimkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 29 Dec 2016 01:56
Last Modified: 29 Dec 2016 01:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10287

Actions (login required)

View Item View Item