SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMAAN BEASISWA PADA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) BERBASIS WEB (Studi Kasus Sekolah Dasar Negeri Bulu Kabupaten Temanggung)

Nugrahanto, Panji (2013) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PENERIMAAN BEASISWA PADA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) BERBASIS WEB (Studi Kasus Sekolah Dasar Negeri Bulu Kabupaten Temanggung). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (36kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI Sekolah Dasar Negeri Bulu banyak sekali memberikan bantuan kepada siswa berupa beasiswa. Beasiswa dapat membantu anak sekolah agar mereka dapat menyelesaikan tugasnya sebagai pelajar dalam rangka mencari ilmu pengetahuan hingga selesai. Beasiswa biasanya berbentuk dana untuk menu njang biaya yang harus dikeluarkan oleh anak sekolah selama menempuh masa pendidikan di tempat mereka sekolah. Namun dalam proses seleksi yang digunakan untuk menentukan siswa penerima beasiswa Sekolah Dasar Negeri Bulu masih menggunakana seleksi manual sehingga dibutuhkan waktu yang lama. Maka dari itu diperlukanya sistem pendukung keputusan untuk menyeleksi siswa penerima beasiswa secara cepat dan tepat. Pada proses pembangunan sistem pendukung keputusan penetuan penerima beasiswa sekolah dasar ini menggunakan metode TOPSIS (Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution) sebagai standar penilaian kriteria. Pada tahap analisis data dilakukan dengan metode pembangunan perangkat lunak secara waterfall, serta diimplementasikan dengan menggunakan aplikasi berbasis web dengan PHP sebagai bahasa pemrograman dan MySQL sebagai database nya. Dengan adanya sistem pendukung keputusan penetuan penerima beasiswa Sekolah Dasar Negeri dapat memberikan informasi data siswa yang berhak menerima beasiswa dan diharapkan dapat menentukan siswa yang berhak menerima beasiswa secara cepat dan tepat di Sekolah Dasar Negeri Bulu. Sehingga proses pemberian beasiswa dapat terlaksanan dan sistem pendukung keputusan ini dapat digunakan untuk menentukan penerima beasiswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 27 Dec 2016 07:38
Last Modified: 27 Dec 2016 07:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10265

Actions (login required)

View Item View Item