PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS KASUS YANG BERPUSAT PADA MAHASISWA TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI KEPERILAKUAN

UBAIDILLAH, AHMAD (2012) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS KASUS YANG BERPUSAT PADA MAHASISWA TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI KEPERILAKUAN. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img] Text
PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS K.pdf

Download (151kB)

Abstract

Metode Pembelajaran tradisional dengan metode ceramah (lecturing) masih memiliki banyak kelemahan diantaranya menempatkan mahasiswa pada peran pasif di dalam kelas, kurang memberikan umpan balik, tergantung pada keefektifan pengajar dalam mesintesa materi, dan tidak cocok untuk materi yang terlalu kompleks, sehingga diperlukan metode pembelajaran yang aktif yang melibatkan peserta didik dalam melakukan sesuatu dan berfikir tentang apa yang sedang mereka lakukan. Terdapat beberapa metode pembelajaran yang melibatkan peserta didik lebih aktif yaitu metode pembelajaran Student Centered Learning, Case-Based Learning dan Cooperative Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan case-based learning, cooperative learning dan student-centered learning terhadap pemahaman mahasiswa pada materi Akuntansi Keperilakuan. Penelitian dilakukan pada mahasiswa jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta dengan jumlah sampel sebanyak 49 mahasiswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan penerapan case-based learning berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman mahasiswa pada materi akuntansi keperilakuan dan penerapan cooperative learning berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman mahasiswa pada materi akuntansi keperilakuan. Arah yang positif pada koefisiennya menandakan bahwa penerapan cooperative learning dan cooperative learning yang semakin intensif, akan menyebabkan meningkatnya pemahaman mahasiswa atas materi akuntansi keperilakuan. Sementara pada penerapan student-centered learning tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman mahasiswa pada materi kuliah akuntansi keperilakuan. Kata Kunci : case-based learning, cooperative learning, student-centered learning, pemahaman materi Akuntansi Keperilakuan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 27 Dec 2016 01:17
Last Modified: 27 Dec 2016 01:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10230

Actions (login required)

View Item View Item