KAJIAN TEKNIS PRODUKTIVITAS JUMBODRILL PADA PENAMBANGAN EMAS PT. CIBALIUNG SUMBERDAYA, DESA MANGKUALAM, KEC. CIMANGGU, KAB. PANDEGLANG, BANTEN

HIDAYAT, RAHMAT (2016) KAJIAN TEKNIS PRODUKTIVITAS JUMBODRILL PADA PENAMBANGAN EMAS PT. CIBALIUNG SUMBERDAYA, DESA MANGKUALAM, KEC. CIMANGGU, KAB. PANDEGLANG, BANTEN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN PT Cibaliung Sumberdaya merupakan salah satu usaha pertambangan mineral yang yang dimiliki oleh BUMN Indonesia, khususnya bergerak pada penambangan emas dan perak. Lokasi PT cibaliung sumberdaya terletak di Desa Mangkualam, Kec. Cimanggu, Kab. Pandegelang, Banten. PT Cibaliung Sumberdaya mulai beproduksi pada tahun 2010. Kegiatan penambangan PT Cibaliung Sumberdaya menggunakan sistem penambangan bawah tanah dengan metode penambangan cut and fill dengan target produksi sebesar 15.660,07 wmt/bulan. produktivitas alat bor aktual yang di dapat pada pengamatan yaitu 2.877,44 wmt/bulan belum memenuhi target produksi yang di tetapkan. Oleh karna itu perlu dilakukan evaluasi mengenai produktivitas dari alat bor yang digunakan. Tidak tercapainya target produksi disebabkan oleh adanya hambatan-hambatan, baik hambatan yang dapat dihindari maupun hambatan yang tidak dapat dihindari. Hambatan-hambatan tersebut menyebabkan rendahnya efisiensi kerja alat bor. Efisiensi kerja aktual alat bor pada kegiatan penambangan dikategorikan jelek karena nilai efisiensi kerja kurang dari 67%. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan produktivitas peralatan mekanis adalah perbaikan efisiensi kerja dengan cara menghilangkan hambatan-hambatan kerja yang dapat dihindari. Setelah melakukan perbaikan dari waktu kerja tersebut maka didapat waktu kerja setelah perbaikan 188,03 menit/shift. Persentase waktu keja dan dilay adalah: Positioning 4%, Drill 55%, Support 16%, Stanby 15%, Breakdown 9%, Istirahat 0%. Dan di dapat Ketersediaan alat setelah perbaikan : Mechanical Availability (MA) atau ketersediaan mekanik yaitu 88,55%, Phisical Availability (PA) atau ketersediaan fisik 90,92%, Use of Availability (UA) atau ketersediaan pemakaian 78,60%, dan Effective Utilization (EU) atau penggunaan efektif 71,36%. Produksi dari jumbodrill yaitu 435,39 wmt/hari atau 13.061,7 wmt/bulan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 22 Dec 2016 04:51
Last Modified: 22 Dec 2016 04:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10180

Actions (login required)

View Item View Item