SISTEM INFORMASI PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNTUK INTERNAL BERBASIS WEB (Studi kasus LPPM Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)

Nurseto, Bayu (2016) SISTEM INFORMASI PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNTUK INTERNAL BERBASIS WEB (Studi kasus LPPM Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (903kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat) adalah salah satu unsur pelaksana akademik universitas dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam Kegiatan sehari-harinya LPPM sebagai media dalam melakukan penelitian atau penyedia informasi bagi para calon peneliti dalam mengajukan usulannya. Kegiatan penelitian dan pengabdian kepada maysarakat saat ini telah berjalan dengan tahapan yang harus dilewati seperti pengusulan, penyeleksian, pelaksanaan dan pelaporan. Hanya saja masih dilakukan secara manual dalam proses pengelolaanya belum bisa dikategorikan dalam sebuah tata kelola yang baik, sehingga memicu munculnya permasalahan mengingat kegiatan ini bersifat multi years. Misalnya, penumpukan berkas media kertas di suatu tempat menjadi kusut dan pudar, mudah terjadinya kesalahan penulisan dalam kalkulasi nilai pada form penilaian, Penyerahan berkas terbatas oleh waktu. Oleh karena itu dibutuhkan aplikasi sistem informasi yang memadai untuk memproses seluruh tahapan secara terkomputerisasi, sehingga menghasilkan informasi yang cepat dan akurat. Penelitian dimulai dari pengumpulan data dengan melakukan studi literatur, survei ke LPPM dan melakukan wawancara langsung dengan pihak LPPM. Berdasarkan hasil survei dan wawancara dengan pihak LPPM, nantinya hasil tersebut akan dibandingkan dengan studi literatur untuk mendapatkan pemecahan masalah yang ada. Metodelogi yang digunakan dalam pengembangan sistem ini adalah Waterfall. Perancangan sistem informasi yang digunakan adalah diagram konteks dan data flow diagram. Aplikasi ini dibangun menggunakan Sublime, Framework Codeigniter, bahasa pemograman PHP, basis data MySQL, dan pendukung lainnya. Program aplikasi ini memproses pendaftaran calon peneliti, pengajuan proposal, pemberian nilai proposal, penetapan pemenang penerima bantuan hingga unggah laporan pelaksanaan kegiatan secara online, sehingga dapat mengakses informasi dimanapun berada. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu pihak LPPM dalam proses pengelolaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kata kunci : Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Sistem Informasi, Basis Data, Online

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 22 Dec 2016 03:55
Last Modified: 22 Dec 2016 03:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10171

Actions (login required)

View Item View Item