IDENTIFIKASI KETEBALAN GAMBUT MENGGUNAKAN METODE GROUND PENETRATING RADAR (GPR) DI DAERAH SIAK RIAU IDENTIFICATION OF PEAT THICKNESS USING GROUND PENETRATING RADAR (GPR) IN SIAK RIAU AREA

PRIHASTOMO, LUCKI (2016) IDENTIFIKASI KETEBALAN GAMBUT MENGGUNAKAN METODE GROUND PENETRATING RADAR (GPR) DI DAERAH SIAK RIAU IDENTIFICATION OF PEAT THICKNESS USING GROUND PENETRATING RADAR (GPR) IN SIAK RIAU AREA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HAL. PENGESAHAN.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Penggunaan metode GPR salah satu metode yang tepat untuk pengukuran ketebalan lahan gambut. Proses pengambilan data ini menggunakan frekuensi 200 MHz, dengan alat IDS. Model pengambilan data berupa Radar Refleksi. Jumlah lintasan pengukuran yang digunakan sebanyak 6 lintasan. Setiap lintasan pengukuran mempunyai panjang 20 meter. Namun, untuk lintasan terakhir hanya 13 meter. Lintasan pengukuran pada penelitian ini berorientasi arah selatan-utara. Penelitian ini dilakukan di daerah Siak, Riau. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software utama yakni Reflexw, yang kemudian hasilnya dikorelasi menggunakan software Petrel. Analisa dalam mengidentifikasi ketebalan gambut dilakukan dengan cara melihat pola reflektansi yang berbeda antara lapisan gambut dan lapisan bawahnya. Penentuan ketebalan gambut ditentukan dari batas atas lapisan gambut (permukaan) sampai batas bawah lapisan gambut. Melihat hasil pengolahan pada daerah penelitian memiliki ketebalan gambut yang bervariatif. Ketebalan gambut berkisar antara 0.5 - 4,5 meter. Dengan nilai kontras amplitudo >0.63 meter Dari analisa penampang radargram, diidentifikasikan terjadi penipisan lapisan gambut ke arah utara. Perbedaan kontras tersebut muncul karena adanya perbedaan harga parameter elektromagnetik antara lapisan gambut dan bawahnya. Kata kunci : Ketebalan Gambut, , Metode GPR, Radar Refleksi, Kontras amplitudo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 20 Dec 2016 07:51
Last Modified: 20 Dec 2016 07:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10136

Actions (login required)

View Item View Item