KELIMPAHAN HAMA PENYAKIT PADA BERBAGAI TIPE SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO DAN JENIS PUPUK TERHADAP HASIL PADI VARIETAS BESTARI

Andriyanto, Agustinus (2016) KELIMPAHAN HAMA PENYAKIT PADA BERBAGAI TIPE SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO DAN JENIS PUPUK TERHADAP HASIL PADI VARIETAS BESTARI. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hama dan penyakit merupakan faktor penting untuk diperhatikan dalam budidaya tanaman padi karena menyebabkan kerugian seperti merusak tanaman, menurunkan kualitas produk bahkan dapat menyebabkan gagal panen. Selain hama dan penyakit, ketersediaan unsur hara juga penting untuk diketahui karena tanaman padi membutuhkan unsur hara yang cukup untuk dapat tumbuh dan berkembang. Sistem tanam jajar legowo adalah sistem tanam yang memperhatikan larikan tanaman. Penelitian menggunakan rancangan percobaan Split Plot Design dengan 2 faktor. Faktor pertama sebagai main plot adalah jenis pupuk yang terdiri dari 3 macam dengan P1= 100% anorganik (Phonska 600 kg/ha) ,P2 = 50 % anorganik ditambah dengan 10 ton/ha pupuk organik produk BATAN, dan P3 = 50 % anorganik ditambah dengan 10 ton/ha pupuk kompos organik produk Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta. Faktor kedua sebagai sub plot adalah sistem tanam jajar legowo dengan tipe J1 = 2:1, J2 = 3:1, J3 = 4:1, dengan dasar jarak tanam 25 cm x25 cm. Masing-masing kombinasi perlakuan diulang tiga kali sehingga terdapat 27 petak percobaan. Ukuran petak adalah 4 m x 4 m atau 16 m2. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada parameter kelimpahan hama pemberian jenis pupuk berbeda dilahan dapat menyebabkan perbedaan terhadap kelimpahan hama wereng batang coklat, penggerek batang, walang sangit dan wereng hijau, perlakuan jajar legowo tidak beda nyata terhadap kelimpahan wereng batang coklat, dan keong mas namun menunjukan ada beda nyata pada hama penggerek batang, wereng hijau dan walang sangit. Pada parameter kerusakan oleh hama perlakuan jenis pupuk dapat menyebabkan perbedaan terhadap intensitas serangan hama ke tanaman, perlakuan jajar legowo tidak menunjukan beda nyata pada hama wereng batang coklat, walang sangit dan penggerek batang. Pada parameter kerusakan penyakit perlakuan jenis pupuk dan tipe jajar legowo tidak beda nyata terhadap kerusakan penyakit kerdil rumput, tungro. Perlakuan 50% anorganik + BATAN dapat menekan serangan penyakit blast. Pada parameter hasil perlakuan jenis pupuk dan jajar legowo tidak berbeda dalam mempengaruhi hasil padi varietas Bestari. Kata Kunci : jajar legowo, pupuk,varietas Bestari, hama, penyakit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 19 Dec 2016 01:35
Last Modified: 19 Dec 2016 01:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10108

Actions (login required)

View Item View Item