PENGARUH PROFITABILITAS, RISIKO KEUANGAN, NILAI PERUSAHAAN, STRUKTUR KEPEMILIKAN PUBLIK DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA

AYU PRATIWI, MERLIN (2012) PENGARUH PROFITABILITAS, RISIKO KEUANGAN, NILAI PERUSAHAAN, STRUKTUR KEPEMILIKAN PUBLIK DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, risiko keuangan, nilai perusahaan, struktur kepemilikan publik, dan struktur kepemilikan institusional terhadap perataan laba (studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia pada tahun 2006-2009). Faktor-faktor yang diuji adalah profitabilitas, risiko keuangan, nilai perusahaan, struktur kepemilikan publik, dan struktur kepemilikan institusional. Modified jones dan indeks eckel digunakan untuk menentukan praktik perataan laba. Penelitian ini menggunakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, periode 2006-2009, sebagai sampel. Pengujian hipotesis menggunakan model analisis regresi linier berganda untuk menguji pengaruh profitabilitas, risiko keuangan, nilai perusahaan, struktur kepemilikan publik, dan struktur kepemilikan institusional terhadap perataan laba. Hasil penelitian menggunakan modified jones bahwa risiko keuangan dan struktur kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap peraktik perataan laba. Profitabilitas, nilai perusahaan, dan struktur kepemilikan publik berpengaruh signifikan terhadap tindakan perataan laba. Sedangkan hasil penelitian menggunakan indeks eckel bahwa risiko keuangan, nilai perusahaan, struktur kepemilikan publik, dan struktur kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan terhadap peraktik perataan laba. Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap tindakan perataan laba. Kata Kunci : Profitabilitas, Risiko Keuangan, Nilai Perusahaan, Struktur Kepemilikan Publik, dan Struktur Kepemilikan Institusional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 16 Dec 2016 06:45
Last Modified: 16 Dec 2016 06:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10086

Actions (login required)

View Item View Item