“PENGARUH PERSEPSI PENGUSAHA KECIL DAN MENENGAH ATAS PEMAHAMAN AKUNTANSI TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI” (Studi pada Usaha Kecil dan Menengah di Kota Bantul)

HESTI MUMPUNI, WINTANG (2012) “PENGARUH PERSEPSI PENGUSAHA KECIL DAN MENENGAH ATAS PEMAHAMAN AKUNTANSI TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI” (Studi pada Usaha Kecil dan Menengah di Kota Bantul). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Persepsi adalah proses kognitif yang memungkinkan seseorang untuk menginterpretasikan dan memahami lingkungan sekitar seseorang. Persepsi pengusaha kecil dan menengah atas pemahaman akuntansi ditentukan oleh pengalaman para pengusaha kecil dan menengah dalam menggunakan informasi akuntansi. Sesuai dengan perumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi pengusaha kecil dan menengah atas pemahaman akuntansi terhadap penggunaan informasi akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah usaha kecil dan menengah yang menjadi trade mark di daerah Kota Bantul yang berjumlah 155 UKM. Teknik pengambilan sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Proportional Stratified Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah sebagian pimpinan atau pemilik usaha kecil dan menengah (UKM) di Kota Bantul. Besar sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 61 pimpinan atau pemilik usaha kecil dan menengah yang menjadi trade mark di Kota Bantul. Data dalam penelitian ini merupakan data primer, yaitu merupakan data yang diperoleh secara langsung dari responden melalui kuesioner. Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara persepsi pengusaha kecil dan menengah terhadap pemahaman informasi akuntansi maka digunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dalam pengaruh persepsi pengusaha kecil dan menegah atas pemahaman akntansi terhadap penggunaan informasi akuntansi yang ada di Kota Bantul. Kunci: Persepsi Pengusaha Kecil dan Menengah, Pemahaman Akuntansi, Penggunaan Informasi Akuntansi, dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 16 Dec 2016 04:37
Last Modified: 16 Dec 2016 04:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10080

Actions (login required)

View Item View Item