ANALISIS PENGARUH KUALITAS AUDIT, QUICK RATIO (QR), RASIO KEUANGAN CAMEL DAN OPINI TAHUN SEBELUMNYA TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Pada Lembaga Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Riri Kustari, Arie (2012) ANALISIS PENGARUH KUALITAS AUDIT, QUICK RATIO (QR), RASIO KEUANGAN CAMEL DAN OPINI TAHUN SEBELUMNYA TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Pada Lembaga Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB)

Abstract

Dalam menentuka keputusan untul berinvestasi terhadap suatu perusahaan, sangat penting bagi investor untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan terutama yang menyangkut kelangsungan usaha entitas tersebut. Opini audit atas laporan keuangan adalah salah satu pertimbangan yang penting bagi investor dalam menentukan keputusan berinvestasi. Utuk mengetahui dan menguji analisis pengaruh Kualitas Audit, Quick Ratio, Rasio Keuangan Camel, Opini Audit Tahun Sebelumnya terhadap Opini Audit Going Concern yang dikeluarkian auditor. Penelitian dilakukan pada lembaga perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2005-2009. Sampel diambil menggunakan purposive sampling sebanyak 21 lembaga perbankan, beberapa criteria yang diambil diantaranya adalah lembaga perbankan mendapatkan opini audit unqualified going concern audit opinion atupun unqualified non going concern audit opinion serta mempunyai laporan keuangan berakhir tanggal 31 Desember. Penyeragaman tanggal laporan keuangan berguna untuk memperbaiki daya bnding laporan keuangan sehingga angka-angka maupun rasio-rasio keuangan yang didunakan dalam penelitian tidak mengandung bias. Berdasarkan hasil analisis regresi logistik menunjukan bahwa Kualitas Audit tidak berpengaruh signifikan terhadap opini audit going concern yang dikeluarkan oleh auditor. Quick Ratio berpengaruh signifikan negatif terhadap opini audit going concern yang dikeluarkan oleh auditor. CAR berpengaruh signifikan negatif terhadap opini audit going concern yang dikeluarkan oleh auditor. NPL tidak berpengaruh signifikan terhadap opini audit going concern yang dikeluarkan oleh auditor. NPM tidak berpengarih signifikan terhadap opini audit going concern yang dikeluarkan oleh auditor. LDR berpengaruh signifikan negatif terhadap opini audit going concern yang dikeluarkan oleh auditor. ROA berpengaruh signifikan positif terhadap opini audit going concern yang dikeluarkan oleh auditor. Opini Audit Tahun Sebelumnya tidak berpengaruh signifikan terhadap opini audit going concern yang dikeluarkan oleh auditor. Kata kunci: Kualitas Audit, Quick Ratio, Rasio Keuangan Camel, Opini Audit Tahun Sebelumnya, Opini Audit Going Concern.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 16 Dec 2016 04:03
Last Modified: 16 Dec 2016 04:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10077

Actions (login required)

View Item View Item